JAKARTA, Jowonews.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menyebutkan sebanyak 2.500 desa terpencil di Indonesia akan dipasangkan panel surya untuk mengalirkan listrik.

“Targetnya pada 2019 sampai 2020 setidaknya 2.500 desa harus sudah terang teraliri listrik,” kata Menteri ESDM ketika menjadi pembicara di Konferensi Energi Indonesia di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (11/4).

Hal tersebut merupakan salah satu implementasi dari pencabutan subsidi listrik untuk 900 volt ampere (VA) yang dialihkan untuk pengadaan perlengkapan panel surya.

Jonan menyebutkan saat ini setidaknya sebanyak 10.000 desa atau 15 juta penduduk masih belum menerima aliran listrik dengan alasan tersebut Mantan Menteri Perhubungan mengatakan bahwa program ini harus terealisasi.

Dengan adanya panel Surya diharapakan dapat menambah daya listrik sebesar 20 ribu Megawatt pada tahun 2019. Program tersebut berdasarkan Peraturan Presiden untuk memasang panel surya.

Dalam Peraturan Presiden tersebut tertulis bahwa harus bisa mengaliri sebanyak 2.500 desa dengan menggunakan panel Surya sebagai ganti alokasi pencabutan anggaran subsidi listrik. (jwn5/ant)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY