DEMAK, Jowonews.com – Pemerintah semakin membenahi transportasi massal sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. Namun begitu hal ini masih menyisakan banyak tanggungan. Solusi kemacetan menjadi salah satu yang diharapkan dari peningkatan kualitas transportasi massal ini. Hadirnya moda yang nyaman menjadi keharusan agar transportasi massal kian menjadi pilihan masyarakat.

Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi mengatakan selain pemerintah, diperlukan keterlibatan pihak swasta dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas transportasi massal. Tujuannya tidak lain agar penggunaan kendaraan pribadi berkurang dan beralih ke kendaraan umum.

“Antara pemerintah dan swasta harus bekerjasama menciptakan transportasi massal yang aman, nyaman, bersih, tepat waktu, dan murah. Kalau sudah begitu masyarakat otomatis akan beralih kesini, sehingga kemacetan berkurang,” kata Rukma dalam acara “Warung Wedangan” di TVRI Jawa Tengah, Senin (10/4/2017).

Peran pemerintah pusat, lanjut Rukma, dalam mengkoordinasikan kedua belah pihak sangat penting. Fakta menjamurnya jasa transportasi online tidak bisa dihindari bahkan harus difasilitasi pemerintah, agar tidak terjadi kerusuhan. “Pemerintah yang mengatur bentuk regulasi, agar jalan semua dengan memfasilitasi kedua belah pihak,” terangnya.

Politikus PDIP itu juga mengatakan negara percontohan yang ingin dicapai Indonesia adalah Singapura, dimana transportasi umum lebih digemari ketimbang kendaraan pribadi. “Karena disana kalau pakai pribadi jauh lebih mahal dan macet,” pungkas Rukma.

Sementara itu pakar transportasi Joko Setijowarno mengatakan moda kereta api menunjukan perkembangan yang baik, sedangkan moda bus umum yang disediakan pemerintah operasionalnya lebih memakan biaya.

“Kereta terus berkembang meski masih jauh dengan negara maju. Dengan rel tipe R54 kereta di Indonesia melaju dengan kecepatan 90 KM/Jam. Masih terus dibenahi kedepan katanya mau ada medium, kereta semi cepat. Sedangkan bus itu operasionalnya kalau mengandalkan APBD berat, perlu peran serta pemerintah pusat juga,” terang Joko di acara yang sama.

Turut hadir sebagai narasumber acara Wedangan Wiwik Widayanti Excecutive Vice President Daerah Operasional IV PT. Kereta Api Indonesia, Agung Nurul Falaq Plt. Kepala UPTD Trans Semarang dan Direktur Wahana Atlas Nusantara Tutuk Kurniawan. (JWN6/JWN3)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY