ilustrasi

BATANG, Jowonews.com – Badan Urusan Logistik (Bulog) 606 Kandeman Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap mendistribusikan 2.400 ton beras sejahtera kepada 53.141 keluarga penerima manfaat.

Pelaksana Tugas Bupati Batang, Nasikhin di Batang, Selasa, mengatakan bahwa untuk memastikan kesiapan pendistribusian beras sejahtera ini, pemkab melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang Bulog 606 Kandeman.

“Dari hasil sidak, kami memastikan ketersediaan beras sejahtera di bulog yang relatif cukup untuk segera didistribusikan pada 53.141 keluarga penerima manfaat,” katanya.

Menurut dia, 2.400 ton beras tersebut merupakan alokasi untuk jatah tiga bulan yaitu Januari, Februari, dan Maret yang akan disalurkan ke setiap desa mulai Kamis (20/4).

“Oleh karena, kami berharap pada setiap pemerintah desa memberikan data valid terkait dengan jumlah penduduk yang menerima beras sejahtera ini. Saya ingatkan pada pemdes agar memberikan beras sejahtera pada mereka yang berhak mendapatkan beras itu,” katanya.

Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Batang, Subiyanto mengatakan beras yang akan dibagikan pada keluarga manfaat ini sesuai dengan data jumlahnya yaitu 797.115 kilogram beras per bulan dengan harga 1.600/ kilogram.

Adapun, kata dia, setiap keluarga penerima manfaat akan mendapatkan jatah 15 kilogram beras sehingga pada April 2017 ini mereka akan menerima 45 kilogram beras dengan cukup membayar Rp 72.000.

Ia mengatakan sebelum beras sejahtera ini disalurkan di tingkat desa akan dilakukan musyawarah pembuatan verifikasi dengan metode ‘by name by address’ sebagai upaya menghindari orang yang dinilai mampu menerima jatah beras tersebut.

“Oleh karena, kami berharap pada pemdes segera mengirimkan data itu sebelum tanggal 20 April 2017 pada pemkab untuk diteruskan ke bulog,” katanya.(jwn4/ant)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY