JAKARTA, Jowonews.com – Hasil penghitungan metode exit poll Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) yang dilansir Direktur LKPI Arifin Nur Cahyono melalui media sosial diperoleh penjelasan berikut ini.

Pada pukul 8 pagi tanggal 19 April 2017 di 2416  TPS dari 13034 TPS yang tersebar  di DKI Jakarta dengan Margin of Error +/- 1,8 pada tingkat kepercayaan 95 persen hasilnya sebagai berikut.

Ketika Masyarakat Pemilih ditanyakan saat hendak masuk TPS  akan memilih pasangan Calon Kepala Daerah DKI Jakarta di Lima kota madya dan satu Kabupaten  Maka didapati Anies – Sandi mendapatkan prosentase 51,1 % dan Basuki-Djarot mendapatkan prosentase 48,9%.

Selanjutnya, ketika Masyarakat Pemilih sudah keluar dari TPS ditanyakan memilih Siapa dari kedua Calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta ,Maka didapati hasil temuan sebagai berikut ,yang memilih Anies -Sandi mendapatkan prosentase 52,6 % dan Basuki-Djarot mendapatkan prosentase 47,4%.

Sebagai informasi, metode exit poll adalah polling terhadap hasil sebuah pemilihan yang dilakukan dengan cara menanyai pemilih setelah mereka keluar dari TPS. Berbeda dengan quick count yang menjadikan suara TPS sebagai sampel, exit poll menjadikan pemilih yang baru keluar TPS sebagai respondennya.

Karena itu, exit poll lebih menargetkan data demografi pemilih, bukan memprediksi siapa yang bakal menang dalam pemilu atau pilkada. Data demografi yang dicari biasanya adalah usia, agama, suku, gender, tingkat pendidikan, pendapatan, latar belakang pilihan partai politik, afiliasi ormas keagamaan dan lain-lain. (JWN3)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY