MAGELANG, Jowonews.com – Pembangunan kawasan pariwisata Borobudur di Magelang, Jawa Tengah akan menjadi prioritas pemerintah dalam menyambut pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia (IMF-WB) pada 2018.

Deputi Bidang Koordinasi Infrasktruktur Kemenko Bidang Kemaritiman Ridwan Djamaluddin mengatakan pembangunan kawasan pariwisata Borobudur jadi prioritas setelah menjadi salah satu kawasan strategis nasional.

Kawasan tersebut juga telah mendapatkan bantuan Bank Dunia dalam memperkuat infrastruktur kepariwisataan. “Sekarang kita sedang mempersiapkan 5+1 destinasi wisata penting dalam rangka menyambut World Bank IMF Annual Meeting 2018, salah satunya ini di Borobudur,” katanya saat mengunjungi kawasan wisata candi Budha itu, Jumat (21/4).

Dalam persiapan tersebut, Ridwan menjelaskan bahwa berbagai akomodasi, aksesibilisasi, dan infrastruktur di kawasan Borobudur sedang disiapkan.

Hal itu dilakukan agar nantinya delegasi dunia yang hadir setelah acara Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 maupun wisatawan lainnya tidak terlalu sulit ke Borobudur.

“Kita juga menyiapkan infrastruktur pendukung seperti air bersih, hotel, jalan, bandara, pelabuhan, kereta api, toilet, dan sebagainya, itulah yang akan disiapkan nanti. Kita juga berusaha untuk menahan mereka berwisata selama mungkin di sini, oleh sebab itu memberikan fasilitas sebaik-baiknya,” jelasnya.

Ridwan menuturkan pemerintah akan mulai menyusun target penyelesaian pembangunan agar bisa sesuai dengan tenggat waktu pelaksanaan pertemuan pada Oktober 2018. (jwn5/ant)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY