ILUSTRASI

CILACAP, Jowonews.com — Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Tanjungsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengalami kenaikan menjelang datangnya bulan Ramadan.

Dari pantauan di Pasar Tanjungsari, Cilacap, Selasa, sejumlah kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami kenaikan, antara lain telur ayam ras, daging ayam potong, bawang putih, dan kentang.

“Sebelumnya, harga telur ayam ras hanya Rp18.000/kg kemudian naik menjadi Rp20.000/kg dan sekarang menjadi Rp22.000/kg,” kata salah seorang pedagang, Nani di Pasar Tanjungsari, Cilacap, Selasa (16/5).

Menurut dia, kenaikan harga telur tersebut terjadi karena permintaan dari masyarakat cukup tinggi untuk keperluan hajatan. Ia mengatakan pasokan telur ayam potong relatif stabil meskipun kadang persediaannya terbatas.

“Biasanya menjelang Ramadan memang terjadi kenaikan harga telur namun pada minggu pertama Ramadan turun dan selanjutnya pada minggu kedua hingga menjelang lebaran naik lagi,” katanya.

Selain telur ayam ras, kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam potong, yakni dari Rp30.000/kg menjadi Rp32.000/kg.

Salah seorang pedagang daging ayam, Martoyo mengatakan kenaikan daging ayam potong terjadi akibat tingginya permintaan dari masyarakat namun pasokan minim.”Pasokan ayam potong datangnya dari Purbalingga karena di Cilacap kosong,” katanya.

Sementara pedagang bumbu dapur, Siti mengatakan harga bawang putih yang semula Rp30.000/kg menjadi Rp50.000/kg untuk jenis apel dan Rp57.000/kg untuk jenis kating. “Harga kentang juga naik dari Rp13.000/kg menjadi Rp15.000/kg. Kami dapat pasokan kentang dari Dieng,” katanya. (jwn5/ant)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY