PELANGGARAN HAM. Komnas HAM menggelar pertemuan dugaan pelanggaran HAM oleh aparat negara.

JAKARTA, Jowonews.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut ada dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan kepada para ulama dan aktivis nasional di Indonesia, seperti Habib Muhammad Rizieq Syihab, Sri Bintang Pamungkas, Kivlan Zein dan KH Muhammad Al Khaththath.

“Kami telah melakukan investigasi dan penyelidikan terkait pelanggaran yang dilakukan aparat berwenanang, dan bukan hanya melihat adanya pelanggaran HAM terhadap Habib Rizieq, Ustad Al Khaththath tapi juga yang dialami oleh para aktivis nasional lainnya seperti Sri Bintang, Rachmawati, Kivlan Zein dan lain-lain, ”jelas Siane Indriani, salah seorang Komisioner Komnas HAM kepada wartawan dan massa  Alumni 212 di Kantor Komnas HAM, Jl Latuharhari 4 B, Menteng Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Siane menuturkan bahwa pihaknya juga mengumpulkan bukti-bukti dan dokumen-dokumen terhadap semua laporan yang masuk. Secara khusus, Siane juga mengungkapkan telah menemui istri Sekjen Forum Umat Islam (FUI), KH Muhammad Al Khaththath.

“Kami juga sudah bertemu dengan istri ustadz Al Khaththath yang menyampaikan bahwa suaminya itu tidak diizinkan untuk shalat Jum’at yang merupakan hak asasi beliau sebagai seorang muslim dan seorang warga negara. Termasuk kami sendiri pun sudah mengajukan izin kepada Kapolri dan sudah diterima langsung oleh Kapolri. Tapi sampai saat ini kami tidak bisa bertemu dengan Ustadz Al Khaththath di penjara,” jelasnya.

Atas kondisi tersebut, Siane meminta aparat untuk bisa menghormati dan tidak melakukan pelanggaran HAM yang ada. Dia meyakini bahwa pihaknya memahami begitu bersabarnya rakyat dengan kondisi yang ada ini.

“Tapi saya tidak bisa tahu, sampai sebatas mana kesabaran yang ada. Saya juga tidak ingin menakuti siapa siapa. Tapi tolong kesabaran rakyat yang ada selama ini melihat situasi yang ada harus bisa disikapi semua pihak yang terkait masalah ini,” pungkasnya. (JWN3)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY