Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ini Dia… 10 Batu Akik Termahal di Dunia

MAGELANG, Jowonews.com – BATU akik di masa lalu hanya digunakan kalangan orang tua saja, namun kini batu akik juga digemari generasi muda bahkan kaum hawa. Banyak juga anak-anak dan remaja yang mulai menggemari batu akik.

Batu akik tidak hanya digemari para kolektor batu akik saja. Masyarakat juga membeli batu akik untuk hiasan dan aksesoris. Mereka merasa senang dan bangga ketika memakai batu akik, baik cincin akik maupun kalung batu akik.

Hal ini menjadi perkembangan yang menggembirakan mengingat akik menjadi salah satu kekayaan budaya masyarakat. Batu akik tidak hanya menjadi simbol sosial orang tua namun batu akik juga menjadi tren dan gaya hidup anak muda.

Tidak heran jika bermunculan toko batu akik di perkampungan dan perkotaan seperti Kota Muntilan, Kabupaten Magelang. Di Kota Yogyakarta, Kota Solo dan kota-kota besar lainnya bahkan bermunculan pasar khusus batu akik. Pasar batu akik ini menghimpun puluhan pedagang dari berbagai daerah.

Mereka menyediakan aneka macam batu akik dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan tak jarang menyediakan batu akik dari luar negeri. Pengunjung juga bukan hanya warga lokal namun juga banyak warga luar daerah. Batu akik pun menjadi fenomena baru di masyarakat Indonesia.

Batu Akik Suvenir Resmi Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang

Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) Imam Nahrawi bahkan berencana menjadikan batu akik sebagai suvenir resmi Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Imam beralasan batu akik bisa menjadi ajang promosi yang luar biasa terkait kekayaan batu mulia asal Indonesia.

Menurut Imam Indonesia memiliki banyak daerah penghasil batu akik dengan kualitas tinggi, yang belum banyak diketahui dunia internasional. “Batu akik akan menjadi suvenir resmi. Batu akik merupakan keistimewaan sekaligus kenang-kenangan dari kita kepada negara lain. Bahwa kita punya batu akik yang khas Indonesia,” kata Imam seusai membuka Festival Seni Budaya Pemuda Untuk Revolusi Mental di Komplek Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Kabupaten Magelang, Sabtu (28/2/2015).

Pria asal Madura itu mengaku sudah mengumpulkan para seniman pahat batu akik di Kota Lubuklinggu, Provinsi Sumatera Selatan. Imam mendorong mereka untuk melakukan inovasi dan gagasan agar seni pahat batu akik menjadi ikon baru Indonesia.

Menpora optimis batu akik akan menambah khasanan seni dan budaya Indonesia. Menurut Imam batu akik merupakan sumber daya alam Indonesia yang luar biasa. Hampir tiap daerah di Indonesia menyimpan potensi batu akik dengan ciri berbeda-beda. Namun demikian potensi batu akik ini harus dipoles dan dikembangkan lagi sehingga batu akik bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kolektor batu akik Muntilan Lilik Sulistiyono bahkan memiliki koleksi batu akik dengan ukuran super jombo. Batu akik super mahal ini bernama Klawing Pancawarna Telur Kodok. Keistimewaan batu akik dari Sungai Klawing ini adalah tembus cahaya dan memiliki tujuh warna.

Berat batu akik juga tergolong luar biasa yakni mencapai 200 kg. “Batu akik ini memancarkan tujuh warga sehingga harganya Rp 1 milyar. Ini memang batu akik yang istimewa. Saya punya koleksi ribuan batu akik,” kata Lilik Sulistiyono.

Batu Akik Menoreh

Peningkatan minat masyarakat terhadap batu akik harga batu akik melambung. Hal ini membuat masyarakat berpikir kreatif dan mencoba mencari potensi batu akik di sekitar mereka. Salah satunya adalah Budi Ismoyo yang rajin menyusuri lereng Bukit Menoreh dan Sungai Sileng untuk mengumpulkan batu yang bisa dimanfaatkan menjadi batu akik.

Menurut Budi ismoyo batu alam di sekitar pegunungan Menoreh di Kecamatan Borobudur dan Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang bisa menjadi bahan batu akik. Dari beberapa kali uji coba, batu Menoreh ternyata menghasilkan batu akik berkualitas.

Disebutkan batu-batu akik tersebut banyak terdapat di lereng Menoreh dan Kali Sileng yang berhulu di Tuk Sibandot di sekitar kawasan Suroloyo Desa Paripurno, Kecamatan Borobudur. Batu akik Menoreh ini sudah mulai dipasarkan ke masyarakat dengan harga bervariasi. Mulai yang paling murah Rp 50 ribu per batu akik sampai paling mahal jenis lavender seharga Rp 1,5 juta.

BACA JUGA  Akik Giok Aceh Untuk Terapi Kesehatan

“Awalnya coba-coba jual batu akik Menoreh namun hasilnya ternyata bagus. Pembeli batu akik tidak hanya dari warga Magelang namun ada juga dari luar daerah,” kata Budi di sela-sela proses pembuatan batu akik di rumahnya di Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur.

Menurut Budi ada beberapa jenis batu akik Menoreh yang memiliki karakter berbeda-beda. Seperti batu akik di lereng gunung yang kebanyakan berasal dari fosil kayu. Salah satu ciri batu akik ini adalah super keras. Batu akik jenis ini bisa dibuat aneka jenis batu akik seperti bio solar, dog gemak, dan lainnya.

“Batu akik terbaik dihasilkan dari batu di sungai Sileng yang diselimuti karang. Batu akik di sana lebih keras dan mengkristal seperti batu jenis sarang tawon. Batu akik ini lebih cocok untuk liontin,” kata dia.

Kondisi ini membuat harga batu akik sempat melambung tinggi pada kisaran tahun 2014 dan 2015. Namun mulai tahun 2016 harga batu akik mencapai titik jenuh dan cenderung menurun.

10 Batu Akik Terbaik

Dari ribuan jenis batu akik, ada 10 jenis batu akik terbaik dan paling populer atau terkenal, baik di Indoensia maupun di mancanegara.  Ke-10 batu akik terbaik tersebut yaitu:

  1. Batu Akik Bacan

Batu akik jenis bacan merupakan jenis batu mulia atau akik asal Indonesia. Batu akik jenis bacan ini banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan, Maluku Utara tepatnya di Pulau Bacan. Adapun jenis batu akik bacan yang paling populer dan banyak dicari adalah jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

Kedua jenis batu akik bacan tersebut menjadi incaran, baik bagi penghobi batu akik maupun kolektor batu akik. Perbedaan batu akik bacan doko dan batu akik bacan palamea terletak pada warnanya. Batu akik doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis batu akik palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu akik bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.

  1. Batu Akik Cincin Safir

Batu akik cincin safir merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Batu akik cincin safir ini memiliki harga yang super mahal sehingga tidak semua orang mampu memiliki jenis akik yang indah ini. Batu akik cincin safir ini termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya.

Batu akik permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat batu akik safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya. Inilah yang membuat harga batu akik ini menjadi mahal.

  1. Batu Akik Cincin Zamrud

Batu akik cincin zamrud adalah jenis permata yang memiliki warna hijau bening sampai hijau tua. Batu akik jenis ini sudah dikenal banyak orang sejak ribuan tahun lalu sebagai permata indah dengan harga mahal. Batu akik zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs. Batu akik permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.

  1. Batu Akik Cincin Ruby

Batu akik cincin ruby sering juga disebut batu akik merah delima. Jenis batu akik ini termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu akik ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu akik ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian

  1. Batu Akik Topaz

Batu akik topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu akik ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, dan Meksiko. Sebenarnya masih banyak lagi negara penghasil batu akik yang banyak digunakan sebagai perhiasan ini.

Seperti batu mulia pada umumnya, batu akik topaz dipercaya mengandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jasmani maupun rohani. Dipercaya batu akik ini bisa menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.

  1. Batu Akik Opal (Kalimaya)
BACA JUGA  Akik Giok Aceh Untuk Terapi Kesehatan

Batu akik opal atau batu akik kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu akik ini sudah tidak diragukan lagi. Bahkan mereka yang baru mengenal batu akik ini sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut.

Batu akik opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di daerah Banten. Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya. Harga batu akik opal atau batu akik kalimaya termahal sekita 2.500 dollar/karat.

  1. Batu Akik Sungai Dareh

Batu akik sungai dareh termasuk salah satu batu akik untuk cincin populer dan termahal saat ini. Batu akik asal Sumatera Selatan itu kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas batu akik itu mulai menanjak sejak mantan Presiden SBY dan mantan Presiden Amerika Serikat Barak Obama mengenakan batu akik tersebut di jari tangan mereka.

Harga batu akik sungai dareh berkualitas tentu saja sangat mahal. Namun untuk batu akik kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau. Harga batu akik sedang ini mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

  1. Batu Akik Giok

Batuakik jenis giok tidak hanya terdapat di negeri Tiongkok atau China. Indonesia juga memiliki jenis batu akik giok ini sejak lama. Namun demikian harus diakui jika popularitas batu akik giok asal Indonesia masih kalah pamor dengan batu akik Tiongkok. Keunggulan batu akik jenis ini adalah tidak pernah luntur. Hal ini membuat harga batu akik ini tidak pernah turun dan terus merangkak naik sehingga membuat harga batu akik giok ini makin mahal.

Keindahan batu akik giok adalah kekhasan warna hijau sehingga batu akik ini banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu akik yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya.

  1. Batu Akik Kecubung (Amethyst)

Batu akik kecubung termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga menjadi incaran banyak penghobi batu akik. Warna khas ungu yang terdapat pada batu akik ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan, batu akik kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan.

  1. Batu Akik Lavender

Batu akik lavender baturaja merupakan salah satu batu akik istimewa. Dalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu, jenis batu akik lavender spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan batu akik ini berhasil memenangkan kontes. Setelah memenangkan kontes ini batu akik ini menjadi buruan banyak kolektor batu akik nasional dan internasional.

Harga batu akik lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp. 175 juta namun sang pemilik belum melepas batu akik ini. Sejak saat itu batu akik yang banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera Selatan itu menjadi incaran banyak kolektor batu akik dan masuk dalam jajaran batu akik terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional.

Selain batu akik yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak batu akik terkenal dan termahal jenis lain yang saat ini pernah populer di Indonesia dan dunia. Salah satunya batu akik giok aceh atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Akik Lumut Aceh, batu akik obi, batu akik labrador atau jenis lain. (bib)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...