Jowonews

Logo Jowonews Brown

KPU Siapkan 1.768 Alat Bantu Pemungutan Suara Bagi Penyandang Tunanetra

BANTUL, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan sebanyak 1.768 template surat suara atau alat bantu pemungutan suara bagi penyandang tunanetra pada pemilihan kepala daerah serentak, 9 Desember 2015.

“Template surat suara yang disiapkan sebanyak 1.768 lembar atau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS), jadi setiap TPS akan ada satu template,” kata anggota KPU Kabupaten Bantul, Divisi Logistik dan Keuangan, Didik Joko Nugroho di Bantul, Senin.

Menurut dia, template surat suara disiapkan untuk mengakomodasi pemilih penyandang tunanetra sebab tercacat data pemilih Pilkada Bantul dari penyandang disabilitas, termasuk di antaranya tunanetra, sebanyak 1.100 orang.

template surat suara

Ia mengatakan bahwa KPU Kabupaten Bantul tidak menyiapkan template surat suara sejumlah data pemilih disabilitas itu. Namun, menyiapkan di semua TPS sebab data pemilih tunanetra sebarannya merata di 17 kecamatan dan tidak dideteksi ada di TPS mana saja.

“Template surat suara dicetak sesuai dengan SK (surat keputusan), yakni di antaranya tidak berisi foto ataupun gambar pasangan calon, akan tetapi hanya nomor urut dan nama pasangan calon yang dibuat dengan braille (timbul),” kata dia.

Didik mengatakan bahwa secara teknis penggunaan template surat suara pemilih penyandang tunanetra tidak didampingi petugas maupun orang lain saat berada di bilik TPS. Hal ini agar tidak ada yang mengarahkan pemilih memilih siapa.

“Ketika tunanetra mau coblos gunakan template surat suara, mereka melakukan sendiri. Namun, apabila kesulitan melipat surat suara (usai dicoblos) boleh minta bantuan,” katanya.

Template surat suara yang disiapkan lembaga penyelenggara pemilu untuk pilkada tersebut, kata dia, berasal dari percetakan di Surabaya (Jawa Timur) yang diterima KPU Kabupaten Bantul beberapa hari lalu.

“Sama seperti surat suara biasa, template surat suara ini juga dicetak perusahaan di Surabaya. Namun, sampainya di KPU tidak bersamaan karena pembuatan template butuh waktu yang lebih lama,” katanya.   (Jn16/ant)

BACA JUGA  KPU Mulai Pasang Baliho Paslon, Total 13 Titik di Kota Semarang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...