Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

137 Titik Perbaikan Sambut Arus Mudik dan Balik Lebaran

image

Semarang, Jowonews.com – Secara umum Jateng siap menyambut arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Namun demikian, perjalanan mudik dan balik akan mengalami sedikit kendala. Pasalnya, pada saat arus mudik dan balik, diperkirakan masih ada 137 titik perbaikan jalan.
       

“Secara umum siap, akan tetapi memang beberapa ruas jalan masih ada pekerjaan pengerasan,”ungkap Wakil Ketua Komidi D DPRD Jateng Hadi Santoso, Kamis (11/6).

Menurut Hadi, saat ini selain jalur utama, terdapat berbagai jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik. Hadi mencontohkan untuk jalur utama Pantura adalah melalui Losari- Pejagan- Brebes- Tegal- Pemalang- Pekalongan- Batang- Weleri- Kendal- Semarang- Demak- Kudus- Pati- Rembang- Tuban.

Untuk jalur ini, para pemudik memiliki pilihan jalur alternatif yaitu melewati rute Bantarsari-Katenggungan- Slawi- Randudongkal- Bantarbolang- Kebonagung- Wonotunggal- Bawang- Sukorejo- Boja- Semarang/ Solo.
 

“Tidak hanya Pantura, jalur selatan juga memiliki alternatif, demikian pula jalur penghubung di tengah seperti Banjarnegara- Temanggung. Semua memiliki jalur alternatif disamping jalur utama, “paprnya.

Disampaikannya, jalan-jalan di Jateng secara umum siap menyambut pemudik mulai H-15 lebaran atau 2 Juli 20154. Namyn, jalur alternatif dan jalur penghubung memang harus menjadi perhatian pemerintah provinsi. Selain itu setidaknya ada dua jalur yang harus menjadi perhatian yaitu jalur Tol Pejagan- Pemalang seksi I dan II, dan Jalur Pejagan- Prupuk (Ciregol).

Pihaknya di komisi D sudah berkoordinasi dengan pemprov dan secara prinsip semua jalur siap dilalui pemudik dengan catatan adanya perhatian atas empat jalur diatas.
       

Politisi PKS ini juga menyampaikan, seperti tahun tahun sebelumnya, untuk tahun ini pemerintah provinsi kembali memberikan fasilitasi mudik gratis bagi warga Jateng yang berdomisili/ bekerja di Jakarta.

Tercatat pemprov menfasilitasi pemudik dengan 40 bus dan dua rangkaian kereta api. Sementara pemerintah kabupaten kota se-Jateng menyediakan sebanyak 70 bus. Bank Jateng berpartisipasi dengan menyediakan 50 bus. Mudik Gratis ini dilaksanakan tanggal 12 dan 14 juli 2014.(JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...