Jowonews

Logo Jowonews Brown

15 Pramuka Penggalang Menuju Jambore Malaysia

PURWOKERTO, Jowonews.com – Sebanyak 15 anggota Pramuka tingkat Penggalang dari Kwartir Cabang Banyumas akan mengikuti kegiatan Jambore Malaysia (13th Malaysia Scout Jamboree) di Kuala Lumpur, Malaysia, 25 November hingga 1 Desember 2016.

“Mereka berasal dari beberapa gugus depan yang berpangkalan di sejumlah sekolah menengah pertama (SMP) dan akan didampingi seorang pembina, yakni Kak Sapto Sri Nugroho dari Pangkalan SMP Negeri 1 Purwokerto,” kata Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (20/11).

Menurutnya, pengiriman kontingen Pramuka Penggalang untuk mengikuti Jambore Malaysia merupakan kegiatan partisipasi. Namun, tetap menjadi kebanggaan Kwarcab Banyumas.

Ia mengatakan bahwa anggota Pramuka Kwarcab Banyumas selalu berupaya memenuhi, permintaan, dan anjuran dari Kwartir Daerah Jawa Tengah maupun Kwartir Nasional karena hal itu juga merupakan peningkatan kemampuan dan pendidikan untuk anak-anak.

“Sebagai kesiapan peserta, Kwarcab Banyumas telah mengukuhkan kontingen pada hari Jumat (18/11). Pengukuhan yang dihadiri unsur pimpinan Kwarcab Banyumas, Andalan Cabang, orang tua peserta, dan beberapa tamu undangan itu untuk memberi motivasi serta kebanggaan bahwa mereka adalah Kontingen Banyumas yang akan membawa nama Kwarda XI Jateng maupun nama Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, Supartono mengatakan bahwa secara materi maupun mental, Kontingen Banyumas telah dipersiapkan dengan matang.

Pihaknya mengharapkan selama mengikuti kegiatan di Malaysia, Kontingen Banyumas akan menunjukkan sikap yang baik, memberi teladan, dan bisa menunjukkan kepada dunia bahwa Pramuka Banyumas dapat diandalkan.

“Harapan kami, Kontingen Banyumas akan membawa nama baik Gerakan Pramuka Indonesia di kancah internasional,” tegasnya.

Penanggungjawab pelatihan Wahyu Handoko mengatakan bahwa sebanyak 15 anggota Pramuka Penggalang yang terdiri atas 10 putra dan lima putri siap diberangkatkan ke Kuala Lumpur untuk mengikuti “13th Malaysia Scout Jamboree”. (jn19/ant)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...