Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Terdampak “Fly Over”, Anggaran Revitalisasi Pasar Joglo Dialihkan

SOLO, Jowonews.com – Pemkot Surakarta berencana mengalihkan penggunaan anggaran revitalisasi Pasar Joglo ke pasar tradisional lain karena terkait adanya pembangunan jalan layang (fly over) di kawasan tersebut.

Sejumlah pasar tradisional di Kota Solo tengah dipertimbangkan sebagai sasaran pengalihan, kata Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Pemkot Surakarta Subagiyo kepada wartawan di Solo, Selasa.

“Ya dana itu kan bisa digunakan untuk pembangunan, perbaikan atau perawatan pasar tradisional. Jadi tidak masalah jika penggunaannya dialihkan ke pasar lainnya. Asalkan pasar itu adalah pasar yang menjual barang-barang kebutuhan pokok,” katanya.

Sejumlah pasar tradisional pun telah dipilih sebagai alternatif pengganti Pasar Joglo, diantaranya Pasar Jongke, Pasar Gede, Pasar Kleco dan Pasar Tanggulsari.

Revitalisasi Pasar Joglo yang sedianya dilakukan pada tahun depan terpaksa ditinjau ulang karena pasar tersebut kemungkinan terkena dampak proyek pembangunan jalan layang (fly over) di simpang Joglo.

Ia mengatakan, padahal Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menyetujui permohonan bantuan revitalisasi Pasar Joglo senilai Rp500 juta.

Pemkot Surakarta juga terlanjur mengalokasikan anggaran Rp1 miliar dalam APBD 2016, guna keperluan revitalisasi tersebut.

“Ya kami masih belum bisa menentukan, revitalisasi Pasar Joglo mau dilakukan seperti apa. Yang jelas, jika fly over dikerjakan maka bangunan pasar akan berada di dalam garis sempadan jalan (GSJ) dan garis sempadan bangunan (GSB),” Subagiyo.

Ia mengatakan seandainya revitalisasi tetap dipaksakan, Pemkot khawatir jika bangunan baru Pasar Joglo tidak cukup untuk menampung 70 pedagang yang selama ini berjualan di sana dan ini yang perlu dipikirkan.   (Jn16/ant)


BACA JUGA  Bantuan Perkampungan Kumuh Rp 30 M Tak Jelas Penggunaannya 

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...