Jowonews

Logo Jowonews Brown

BPBD Khawatirkan Banjir Bandang

JEPARA, Jowonews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara mengkhawatirkan banjir bandang di wilayah Jepara. Pasalnya, dengan cuaca yang saat ini sulit diprediksi, maka kemungkinan warga kurang siap.

“Kami akui, saat ini sulit memprediksi kondisi cuaca. Kami pun tak mengetahui kapan hujan akan mulai intensif mengguyur wilayah Jepara secara keseluruhan. Termasuk di wilayah Lereng Muria Jepara,” terang Kepala Pelaksana BPBD Jepara, Lulus Suprayetno, Jumat (22/1).

Sejak Desember hingga jelang akhir Januari ini, hujan yang mengguyur Jepara belum merata. Hujan hanya di sebagian wilayah, tapi di bagian wilayah lainnya tidak diguyur hujan. Selain itu, lokasi hujan cenderung berganti-ganti. Hal ini mengakibatkan tanah menjadi labil dan akan mudah ikut tergerus aliran air.

Antisipasi dari warga maupun relawan juga menjadi kekhawitaran. Menurut Lulus, cuaca yang tidak bisa diprediksi menjadikan warga kurang waspada. Dimungkinkan warga akan menganggap remeh hujan yang turun mengingat pengalaman beberapa bulan tidak membahayakan. “Tapi ternyata hujan menyebabkan kucuran air bercampur material. Ini akan membahayakan,” kata dia.

Selain itu, antisipasi dari relawan sendiri kemungkinan sedikit terganggu. Sebab meski di sebagian kawasan lain tidak hujan, tapi ternyata di Lereng Muria Jepara hujan deras dan menyebabkan banjir bandang maupun longsor. “Untuk relawan BPBD sendiri memang solusinya memang kami tuntut untuk selalu bersiaga. Tapi yang kami khawatirkan adalah kewaspadaan warga karena berkait dengan keselamatan jiwa,” ucapnya. (JN01/JN03)

BACA JUGA  Banjir Masih Genangi Sejumlah Wilayah di Semarang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...