Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jalan Panjang Dian Pelangi Tembus London

JAKARTA,Jowonews.com – Perjalanan panjang ditempuh hijabers Dian Pelangi untuk menembus International Fashion Showcase (IFS) di Somerset House, London. Gelaran yang berakhir 23 Februari tersebut diikuti perancang busana lebih dari 20 negara.

Dian berkolarobasi dengan desainer dari Inggris maupun Indonesia yaitu Odette Steele, Nelly Rose, Restu Anggraini, Jenahara, dan Zaskia Sungkar.

Pelaksana Ekonomi KBRI London,Hastin Dumadi, kepada Antara London, Senin menyatakan, penyelenggaraan IFS merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding on Creative Industries yang disepakai Inggris dan Indonesia tahun 2012 yang mempunyai 10 sektor kerja sama termasuk fashion.

“British Council dan Kemenparekraf bekerja sama melalui kegiatan Indonesia Fashion Forward,” ujarnya.

Selain menampilkannya di paviliun Indonesia, karya Dian Pelangi, Odette Steele dan Nelly Rose juga ditampilkan pada acara peragaan busana Fashion Scout yang diselenggarakan di Freemason’s Hall.

Sementara itu Programme Manager (Arts and Creative Economy) British Council Indonesia, Camelia Harapan menyebutkan proses perjalanan Dian Pelangi dan kawan-kawan yang tampil dalam acara IFS ini cukup panjang.

Camelia Harapan yang biasa disapa dengan nama Kemi, mengatakan Dian terpilih sebagai salah satu desainer pada program IFS dan mengikuti program mentoring untuk desaigner muda dan residensi di London College of Fashion pada tahun 2015.

Dari pengalaman tersebut, Dian menawarkan residensi bagi lulusan London College of Fashion di Indonesia. Tawaran Dian disambut positif oleh pihak British Council dan British Council memfasilitasi dua lulusan LCF yaitu Odette Steele dan Nelly Rose melakukan residensi di tempat lokakarya Dian di Pekalongan.

Selama tiga bulan di Pekalongan, Odette Steele dan Nelly Rose belajar mengenai batik, tenun, dan bekerja sama dengan para pengrajin serta berkolaborasi dengan Dian. (Jn16/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...