Jowonews

Logo Jowonews Brown

Apindo Berharap Pemimpin Baru Permudah Izin Industri

SEMARANG, Jowonews.com – Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Tengah berharap para pemimpin baik bupati maupun wali kota yang baru dilantik mempermudah izin pembangunan industri.

“Selama ini proses izin masih terkesan rumit, harapannya ke depan lebih dipermudah,” kata Wakil Apindo Jateng Agung Wahono di Semarang, Selasa.

Menurut dia, dukungan dari para pemimpin terhadap pengusaha sangat dibutuhkan dan diharapkan lebih intensif lagi.

Agung mengatakan visi dan misi Presiden Indonesia Joko Widodo untuk lebih mengintensifkan iklim industri diharapkan dapat diiringi oleh para pemimpin daerah.

“Selain izin yang dipermudah, retribusi juga dapat ditinjau kembali. Misalnya retribusi izin HO dan lokasi agar dipermudah,” katanya.

Menurut dia, selama ini iZin tersebut kadang masih memberikan kesulitan bagi para pengusaha, salah satunya izin di tingkat lurah dan camat.

“Izin kanan kiri ini yang membuat pertumbuhan industri menjadi tersendat. Seharusnya ini dapat diminimalisasi oleh pemimpin yang baru,” katanya.

Selain itu, tuntutan dari warga setempat seperti meminta pihak perusahaan untuk membangunkan fasilitas umum diharapkan dapat dikoordinir dengan baik melalui pengawasan Pemerintah setempat.

“Kalau bisa dikoordinir dulu oleh eksekutif, dengan begitu akan lebih mudah dilaksanakan oleh pihak perusahaan,” katanya.

Menurut dia, pada dasarnya para pengusaha akan mendukung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) namun harus diimbangi dengan adanya dukungan dari Pemerintah.

“Kami yakin, selama Pemerintah proinvestasi, segala sesuatu yang berhubungan dengan pertumbuhan industri pasti akan dimudahkan,” katanya. (JN03/Ant)

BACA JUGA  Tolak Rencana Plesir, Ketua AJI Semarang Mengaku Dimarahi Gubernur Ganjar

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...