Jowonews

Logo Jowonews Brown

2 Jamaah Haji Embarkasi Solo Meninggal Dunia

MEKKAH, Jowonews.com – Dua jamaah haji asal Jawa Tengah yang tergabung kelompok terbang Embarkasi Surakarta telah meninggal dunia di Tanah Suci karena sakit.

Dua jamaah yang meninggal tersebut, yakni Dijem Djoyo Kromo (52) asal Wonogiri dan Siti Maryam Ismail (60) asal tegal, kata Kepala Sub Bagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Agus Widakdo, di asrama haji Donohudan Boyolali, Senin.

Menurut Agus Widakdo, jamaah Dijem asal Wonogiri tergabung kloter 18 tersebut meninggal dunia di dalam pesawat terbang saat perjalanan menuju Medinah, Selasa (16/8), sedangkan jamaah Siti Maryam asal Tegal tergabung kloter pertama meninggal melaksanakan umroh, Minggu (21/8).

Menurut Agus, jamaah Siti Maryam menjalankan umroh bergandengan dengan suaminya saat putaran keenam tiba-tiba dia terjatuh terkena serangan penyakit jantungnya.

“Jamaah ini, dari informasi dokter sebelumnya sudah ada bawaan penyakit jantung,” katanya.

Agus mengatakan dari hasil evaluasi pemberangkatan jamaah calon haji Embarkasi Surakarta gelombang pertama sudah diberangkatkan seluruhnya ke Tanah Suci yakni sebanyak 12.178 jamaah yang tergabung sebanyak 34 kloter.

Namun, empat jamaah gelombang pertama ini, yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci, karena masih dirawat di Rumah Sakit Umum Dr Moewardi Solo.

Empat calon haji yang dirujuk dan dirawat dirumah sakit yakni Sri Pudjiati Donowisastro (70) dan Bakin Zaini Mustahid (65) keduanya asal Kabupaten Sleman kloter 29, Robiyah Amat Turut (72) asal Temanggung kloter 32 serta Surijati Sriana Martaja (73) asal Klaten kloter 31.

“Empat calon haji ini, dapat diberangkatkan ke Tanah Suci dengan kloter gelombang kedua, jika sudah ada rekomendasi dari dokter yang merawat di rumah sakit,” kata Agus.

Agus mengatakan calon haji Embarkasi Surakarta gelombang pertama terakhir diberangkatkan tiga kloter yakni 32 (Temanggung), 33 (Magelang) dan 34 (Wonosobo), pada Minggu (21/8).

Rombongan jamaah kloter 32 Tembanggung, diberangkatkan pada pukul 16.40 WIB, kemudian disusul kloter 33 Magelang pukul 20.27 WIB, dan terakhir kloter 34 Wonosobo pukul 21.40 WIB.

PPIH Embarkasi Surakarta dijadwalkan memberangkatkan calon haji rombongan kloter 35 (Purworejo) tergabung gelombang kedua melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo di Boyolali, Selasa (23/8), sekitar pukul 01.55 WIB dan disusul kloter 36 (Kebumen), pukul 19.45 WIB. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...