Masa-masa kuliah emang masa yang paling nyenengin kali ya, gak kebanyakan aturan kayak di sekolah menengah. Sebutannya aja udah bukan siswa, ada tambahan kata ‘maha’ di depan kata siswa. Pada masa kuliah, mahasiswa dianggap sudah dewasa. Ada aturan, mau diikuti silahkan, enggak ya silahkan. But, konsekuensinya juga udah jelas. So, hidupmu ya di tanganmu!

       tipe-mahasiswaBuat kamu-kamu maba Undip yang baru merasakan dunia kampus, boleh nih kenalan dulu sama berbagai tipe mahasiswa yang ada di dunia ini. Terus, tentuin deh kamu mau jadi yang kayak gimana, atau mau bikin tipe sendiri juga sok ajah. Tipe-tipe ini cuma semacam pengidentifikasian, jadi bukan stratifikasi sosial ya!

  1. Mahasiswa Rajin Nih, mahasiswa akademis hobinya nongkrong di perpus, kalo di kelas duduk paling depan. Mengerjakan tugas adalah segalanya, pokoknya kalo tugas belum kelar paling anti ngerjain yang lain. 1/3 waktunya buat mempelajari materi kuliah. 1/3 waktunya buat mempelajari materi kemarin. Sisanya baru buat hidup.
  2. Organisatoris Kalo ini tongkrongannya di sekretariat organisasi. Angkatan 69, pergi dari kos jam 6 pagi balik kosan jam 9 malem. Wajahnya ada di semua acara kampus. Biasanya idealis, lancar jaya kalo ngomong visi misi.
  3. Aktivis  Mahasiswa kude-kude, kuliah demo kuliah demo. Orator andal, lancar jaya urusan retorika.
  4. Apatis Urusannya cuma kosan-kampus-mal. Gak tahu dan gak mau tahu urusan sosial, politik, ekonomi, apa yang terjadi di sekelilingnya. Baru ngerasa ada masalah kalo harga fashion dan gadget naik.
  5. MaBi (Mahasiswa Bingung)  Kuliah segan, DO tak mau. Hobinya nge-galau tengah malem, online, begadang tapi gak belajar. Mottonya ‘kelulusan adalah pengangguran yang tertunda’.
  6. Mahasiswa Alim  Tampilannya soleh dan solehah. Hobinya mentoring. AGM (Anak Gaul Masjid). Yang ini lancar jaya ngomongin dakwah.
  7. Mahasiswa Enterpreuneur  Hobi ikut PKM-K buat modal usaha. Jualan buku tiap4 tipe mhsiswa copysemester baru. Sering ijin kelas buat ngurusin dagangan bukunya.
  8. Mahasiswa KuFu-KuFu (Kuliah Futsal-Kuliah Futsal) à Bahkan di kelas pun udah pake baju bola. Nobar adalah kewajiban.
  9. Mahasiswa K-Popers à Langsung histeris denger lagu korea. Laptopnya isinya drama korea. Wallpaper SNSD.

 

So, kamu termasuk yang mana? Kalo belum ada, tambahin aja sendiri :D

Yuk nikmatin masa-masa jadi mahasiswa, nanti kalau udah masuk dunia kerja, gak bakalan bisa sebebas sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here