Pesona telaga dieng (pesona warna Indonesia)
Pesona telaga dieng (pesona warna Indonesia)

Wonosobo, Jowonews.com—Salah satu obyek wisata yang layak untuk anda kunjungi dan dijadikan list daftar wisata di Jawa Tengah adalah dataran tinggi Dieng. Dieng merupakan daerah dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah, masih termasuk wilayah Banjarnegara dan Wonosobo. Lokasinya di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing. Wisata ini merupakan jenis wisata alam yang dikelola secara bersama dua kabupaten tersebut.

Nah, yang menjadikan tempat ini menarik adalah pesona alam yang begitu cantik, lengkap dengan telaga-telaga, mata air, kawah-kawah dan candi kuno beraliran hindu. Dataran Tinggi Dieng terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dan sampai saat ini, tempat ini menjadi tujuan wisata alam terpopuler di tanah jawa.

Yang menarik di obyek wisata satu ini adalah suasana tenang dan damai. Suasana dingin di puncak dieng pastinya akan menjadi sahabat malam anda ketika merasakan hawa pegunungan di malam harinya. Pun demikian dengan hamparan awan dan kabut malam bagaikan cerita perjalanan yang mengasyikkan di saat pagi menjelang, kilauan cahaya emas serta kehangatan pagi di puncak para dewa.

Salah satu yang menarik di Dataran Tinggi Dieng adalah Telaga Warna Dieng. Di telaga ini,  air kehijauan di dalamnya terlihat tenang, tidak beriak sama sekali. Kicauan burung liar dan rimbunnya hutan lindung yang tetap terjaga menghadirkan suasana damai yang menenteramkan hati.

Nampak di beberapa tempat nampak permukaan telaga yang menggelegak dan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil. Ternyata kandungan sulfur di dalam airlah yang menjadi penyebabnya. Cara menikmati keindahan telaga warna ini adalah di puncak bukit dengan pemandangan yang akan membuat siapa saja terpesona.

Nampak di bawah, telaga warna terhampar indah dikelilingi oleh rimbunnya hutan. Air di pinggir telaga berwarna ungu cantik, bergradasi dengan warna hijau di tengah, dan hijau pucat di pusat telaga. Di ujung sebelah, sebuah padang rumput sempit memisahkannya dengan telaga jernih yang ternyata sering disebut Telaga Pengilon. Sementara di depan, barisan perbukitan dari Gunung Prau dan Gunung Pakuwaja berderet memutar memamerkan keperkasaannya. Inilah telaga warna Dieng.

Selain panorama alamnya yang indah, kawasan Dieng adalah penghasil sayuran dataran tinggi yang ada di Jawa Tengah. Kentang merupakan hasil utama yang ada di kawasan ini. Selain itu, wortel, kubis, dan berbagai bawang juga dihasilkan dari kawasan Dieng. Selain sayuran, Dieng juga penghasil pepaya gunung (carica), purwaceng dan jamur. Namun akibat aktivitas pertanian yang berkembang pesat, kawasan hutan di puncak pegunungan hampir habis karena dijadikan lahan untuk menanam sayur.

Akhirnya selamat menikmati kedamaian dan kesejukan Dataran Tinggi Dieng, lukisan alam Mahakarya Illahi yang patut kita kunjungi.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di Twitter @dwi_itudua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here