Jogja, Jowonews.com—Salah satu yang membuat Jogja digemari sebagai tempat tujuan wisata adalah karena banyaknya obyek wisata mengagumkan di kota ini. Hampir disemua wilayah di Jogja, tak pernah luput dari pemandangan alam yang indah dan sejuk dipandang mata. Salah satunya adalah Goa Pindul, yang terletak di Bejiharjo, Gunungkidul.

Yang membuat goa ini menarik karena goa ini merupakan satu dari tujuh gua dengan aliran sungai bawah tanah yang ada di desa bejiharjo. gua ini menyajikan pemandangan alam yang sangat mengesankan. Batu stalakmit dan stalaktit yang menghiasi sekitaran gua ini menyuguhkan pemandangan eksotis didalam kegelapan.

Bebatuan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi gua ini sangat beragam dari yang berbentuk kerucut, kipas, hingga berbentuk seperti “gong”. tak hanya dihiasi batu stalaktit dan stalakmit, gua ini dihiasi dengan batu Kristal yang sangat indah apabila terkena cahaya

Goa ini juga memiliki tingkat kegelapan yang berbeda di setiap sudutnya. ada beberapa pembagian kegelapan dari gelap sedang hingga gelap abadi. dalamnya air sekitar 2 meter hingga 12 meter. cara menyusuri gua ini adalah dengan menggunakan ban sehingga disebut “cave tubbing”.

Sementara nama “pidul” yang disematkan pada gua ini adalah karena legendanya dulu ada seorang wanita yang kabur dari desa karena tidak direstui. setelah memiliki anak dan lambat laun anaknya semakin besar. Setelah dewasa anak ini ingin mencari ayahnya. Dia melewati hutan,gunung akhirnya masuk ke gua ini, namun ketika hendak masuk gua ini si anak terbentur batu. Maka dari itu, goa ini dinamakan gua pindul dari singkatan “pipi gebendul”.

Demi menjaga kelestarian maka wisatawan tidak boleh membawa makanan kedalam gua. wisatawan juga tidak diijinkan memegang stalaktit dan stalaktit yang masih hidup, karena akan menggangu pertumbuhanya.

Diakhir goa, para wisatawan juga bisa melakukan lompatan dari dari tempat tinggi dan berenang. wisatwan juga diperbolehkan menggunakan kamera untuk mengabadikan keindahan alam gua pindul yang sangat eksotik ini

Untuk menelusuri gua ini, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 35 ribu rupiah. wisatawan akan dibekali baju pelampung dan sepatu karet, untuk meminjam senter wisatawan diharuskan menambah biaya.

Redaktur : Ashim Adzhorif (Ikuti di Twitter @ashimadzorif)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here