Puncak SIkunir (Foto : Ashim/IST)
Puncak SIkunir (Foto : Ashim/IST)

Banjarnegara, Jowonews.com – Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara memiliki sejuta pesona alam yang menyejukkan mata dan menentramkan hati. Selain telaga warna yang terlihat penuh dengan lukisan alam yang indah, salah satu obyek alam yang bisa dinikmati di kawasan ini adalah  panorama munculnya matahari pagi.

Panorama Sunrise di puncak sikunir Dieng ini sudah terkenal hingga mancanegara dengan istilah Golden Sunrise. Banyak wisatawan asing yangg rela menghabiskan waktu liburan panjang untuk menginap di desa terdekat agar dapat menikmati suasana pagi yang indah di puncak sikunir ini.

Untuk menuju ke  arah puncak Sikunir, dapat dicapai dengan melakukan pendakian yang tidak terlalu sulit. Para wisatawan bisa menggunakan kendaraannya hingga ke desa terdekat dengan puncak cikunir yaitu desa sembungan. Desa sembungan ini desa tertinggi di jawa dengan ketinggian 2302 mdpl.

Dari desa sembungan wisatawan bisa melakukan pendakian selama kira kira 30 menit waktu standar untuk mencapai puncak sikunir. Track yg dilalui awalnya datar lalu mendekati puncak track berubah menjadi curam dan memanjat. Agar bisa melihat Golden Sunrise, para wisatawan diharuskan mendaki pada pukul 3 pagi atau sebelumnya, karena apabila melakukan pendakian setelahnya dikhawatirkan tidak dapat melihat moment Golden Sunrise. 

Dari puncak sikunir kita juga disuguhkan pemandangan indonesia yg sangat indah. Kita dapat melihat gunung merbabu dan merapi. Puncak gunung lawu pun dapat terlihat walau terlihat sangat kecil. Momen golden sunrise tidak dapat di lihat setiap waktu karena kondisi alam dan cuaca. Apabila cuaca mendung maupun berkabut maka di puncak sikunir hanya terlihat kabut putih menyelimuti bumi. Jadi untuk mendaki cikunir dan melihat golden sunrise maka diperlukan waktu dan kondisi yang pas.

Reporter : Muhammad Ashim Adzhorif (Ikuti @ashimadzorif di twitter)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here