Gunung Gamalama Ternate, Maluku Utara foto: www.republika.co.id

Semarang, Jowonews.com – Mendaki gunung merupakan salah satu jenis hobi yang dikenal cukup ekstrim. Hal ini dikarenakan seorang pendaki akan dihadapkan dengan alam liar, medan yang berat serta kondisi yang tidak menentu.

Di kalangan masyarakat banyak pro dan kontra ketika mengajak anak mendaki gunung. Akan tetapi  jika seorang pendaki sudah dibekali pengetahuan yang cukup serta persiapan yang matang, justru pelajaran positif yang akan didapatkan anak kita.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika mengajak anak kita mendaki gunung, diantaranya adalah :

  1. Melatih karakter anak, melalui kegiatan mendaki gunung, seseorang dapat membangun karakter positif dirinya dengan alamiah.
  2. Menanamkan rasa cinta terhadap alam dan lingkungannya. Rasa cinta pada alam tidak bisa tumbuh hanya dengan melihat brosur perjalanan wisata atau menonton televisi.
  3. Melatih kedisiplinan, tanggung jawab, tidah mudah putus asa, serta berani mengambil keputusan dengan tepat.
  4. Menumbuhkan karakter suka menolong bagi anak, hal ini dikarenakan ketika mendaki gunung akan dihadapkan dengan kondisi sulit yang akan melatih anak untuk saling menolong dan berbagi.
  5. Belajar untuk menjadi rendah hati dan mau mendengarkan pendapat orang lain dengan penuh perhatian.

Jadi tidak ada salahnya jika kita mulai melatih anak kita untuk mendaki gunung, asalkan dengan perhitungan yang tepat, pengetahuan yang cukup serta persiapan yang matang.

Reporter : Teguh Prasetyo (Ikuti di Twitter @teguhtsuyoi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here