Pecel madiun (resepkita)
Pecel madiun (resepkita)

Madiun, Jowonews.com—Pecel adalah salah satu warisan kuliner Indonesia, khususnya seni kuliner Jawa yang berbahan dasar sayur-sayuran rebus yang dihidangkan dengan bumbu kacang. Pecel termasuk salah satu makanan nusantara yang paling digemari. Sejak masa penjajahan Belanda juga terdapat makanan nusantara itu. Yah, meskipun ada perbedaan rasa di bumbu dan isinya karena mengikuti selera dan keadaan di sana.

Dan jika anda berkunjung ke Madiun, belum mantap jika tidak mencicipi pecelnya, karena bisa jadi pecel Madiun adalah kuliner unggulan di Indonesia. Makanan berbahan baku kacang tanah ini begitu populer di kalangan pelancong karena cita rasanya yang dianggap paling nikmat dibandingkan pecel dari daerah lain.

Tak heran jika penumpang kereta api akan berebut ke pintu kereta saat berhenti di Stasiun Madiun. Mereka mengantre membeli nasi pecel Madiun yang dibungkus daun pisang lengkap dengan peyek dan sayuran segar. Di luar stasiun, penjual nasi pecel seperti deretan semut. Dan hampir di seluruh rumah kaki lima hingga restoran Madiun selalu menyelipkan nasi pecel dalam daftar menu mereka.

Keunggulan pecel Madiun adalah terkenal dengan rasa pedas dan aroma daun jeruk pada bumbu kacangnya. Untuk menikmati kelezatannya, lengkapi dengan serundeng dan peyek kacang.Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, merica dan garam.

Yang menjadi pecel Madiun tambah lezat adalah tambahan daun kemangi dan acar atau mentimun yang dipotong – potong. Dan biasanya sang pedagang akan menambahkan rempeyek dan kerupuk untuk menambah lezatnya kuliner satu ini. 

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di Twitter @dwi_itudua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here