Pantai Klayar Pacitan
Pantai Klayar Pacitan

Pacitan, Jowonews.com—Obyek wisata pantai yang satu ini menjadi obyek wisata unggulan dan sekaligus Ikon dari Kabupaten Pacitan. Namanya Pantai Klayar. Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar ini berada sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat di capai sekitar 90 menit dari kota Pacitan. Dan menurut sejarah yang ada, konon nama Klayar berasal dari guyonan lokal Klayar-kluyur alias jalan-jalan.

Jalan menuju obyek wisata ini tidak terlalu mudah karena arah menuju wilayah sendang ini masih sempit dan dengan liku tanjakan dan turunan curam. Pantai Klayar berorientasi di sisi barat kabupaten Pacitan. Sepanjang lintasan anda akan disuguhi dengan geologi berstruktur tandus di wilayah ini, dan perbukitan kapur mengelilingi dari ujung ke ujung jalan.

Rute yang dapat diambil ketika menuju Klayar dari Kota Pacitan adalah dapat ditempuh melalui dua jalur utama bus maupun kendaraan kecil. Rutenya adalah dari Kecamatan Punung, tepatnya ke arah Desa Bomo, menuju ke Desa Kalak, dan seterusnya anda akan menuju ke Desa Sendang yang merupakan wilayah Pantai Klayar.

Keindahan dan pesona pantai

Pantai Klayar adalah pantai dengan karakteristik berupa hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biru atau bisa juga disebut Hijau Tosca, batu karang yang mempesona, dan air mancur alami. Semua itu menjadikannya pantai dengan pesona alam indah di Pacitan, Jawa Timur. Yang menjadi ciri khas dan membuat Pantai ini indah adalah bentuk batuan karang Tanah Lot yang indah dengan bebatuannya, juga di pinggiran Pantai Klayar banyak gundukan yang memiliki ciri khas dari pantai lain yang berada di pacitan.

Pantai Klayar akan terlihat tambah elok ketika anda berada disana saat cuaca sedang cerah, maka pada kondisi tersebut, aka nada Sinergi biru laut demikian manis, membentur halus deretan karang hitam yang berbaris rapi di tepian, berpadu dengan Pasir putih yang mempesona. Layaknya sebuah pesisir, vegetasi berupa pohon-pohon kelapa tumbuh liar di sekitarnya. Pun pada saat menjelang sore hari, Lembayung senja atau sunset dengan spektrum jingga kemerahan memeluk erat langit di garis batas barat Klayar di sore itu. Pemandangan ini seperti menyaksikan alam asyik dengan romansa pesisirnya.

Tanah Lot dan Karst, ciri khas Pantai Klayar

Sisi lain Pantai Klayar bukan hanya elok pada keindahan Pasir Putihnya saja. Tebing – tebing karst juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Klayar Bagi yang asing dengan istilah ini, karst merupakan struktur bumi hasil pelarutan batuan gamping, granit, atau batuan pasir lainnya. Hampir sama dengan permukaan goa. Uniknya, gugusan karst di Pantai Klayar berukuran raksasa dan berwarna gading pucat. Menjulang tinggi puluhan meter. Angkuh berdiri sekuat apapun gemuruh laut menderu.

Tebing – tebing tersebut membentuk tanah lot yang indah, ada sekitar tiga sampai empat tanah lot yang menjadi cirri khas Pantai Klayar. Dan beberapa tanah lot ini yang menjadi tempat terbaik untuk diabadikan dengan fotografi. Tanah Lot Klayar terbentuk karena abrasi dari laut, karena seperti diketahui bahwa ombak Laut Klayar masuk kategori besar, sehingga memungkinkan untuk terus menggerus karang dan bebatuan karst Klayar.

Biota Laut yang menambah kekayaan pesona Klayar

Bukan hanya sisi itu yang menjadi pesona Pantai Klayar, anda pun dapat menyaksikan Pemandangan lain dari Pantai Klayar ini. Warga sekitar Dusun Sendang rupanya sudah memulai aktivitasnya yaitu panen rumput laut. Biota merah maroon yang satu ini ternyata menjadi salah satu sumber perekonomian penduduk lokal. Biasany arumput laut tersebut digunakan oleh penduduk Lokal untuk menjadi bahan baku es dhawet atau minuman lainnya.

Selain rumput laut yang menjadi pemandangan bawah laut yang indah, banyak sekali hewan laut yang terdapat disini seperti siput dan bulu babi mungil di celah-celah karang.

Biasanya siput – siput kecil tersebut dapat anda lihat saat berada di posisi tengah Pantai Klayar, saat kondisi laut sedang surut, banyak siput dan hewan laut lainnya berpesta disitu. Bahkan di beberapa bagian terdapat rangkaian soft coral. Strukturnya kenyal berwarna terang kecokelatan.

Fasilitas pendukung Klayar, dari es degan sampai villa

Pantai Klayar adalah satu diantara sekian banyak pantai yang masih masuk kategori pantai natural dan belum terkelola secara maksimal di pacitan. Namun demikian, penduduk setempat sudah memanfaatkan keelokan pantai Klayar ini untuk nilai ekonomis. Beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup menambah pesona Pantai Klayar.

Dari banyaknya penjual makanan dan minuman disini, tentu yang khas adalah seafood dan juga es degan. Meskipun Klayar adalah bukan tempat surga bagi ikan, namun demikian anda tetap bisa menikmati aneka hidangan seafood dari mulai udang sampai ikan tongkol. Pun demikian dengan es degan, minuman khas daerah pesisir ini juga turut melengkap liburan anda di Pantai sejuta pesona ini, biasanya es degan disajikan alami di batok kelapanya, dengan tambahan gula dan es, atau dapat dinikmati sedikit demi sedikit di gelas yang sudah disediakan. Harga es degan berkisar antara 4ribu sampai 5ribu rupiah. Es degan ini akan terasa nikmat di minum apabila anda mengunjungi Klayar saat siang hari.

Selain fasilitas makanan, mungkin ketika anda bermaksud bermalam di kawasan Klayar, anda tak perlu khawatir, karena di tebing atas, kurang lebih sekitar 500 meter dari Pantai, ada villa yang bisa anda gunakan untuk menginap.

Fasilitas yang mungkin sampai sekarang belum bisa anda nikmati di Klayar adalah fasilitas listrik sampai ke Pantai. Kecuali di wilayah villa, sampai artikel ini di posting belum ada listrik yang tersalurkan sampai ke wilayah pantai.

Menikmati sensasi seruling samudera

Gugusan endapan batu gisik (beach rocks) berdiri gagah sekali. Terbentang membaur dengan ombak yang menggulung tebal paralel. Arus laut terlihat kuat menyisakan buih yang mencumbu bibir pantai. Atraksi ini semakin sempurna dengan sensasi ”Karang Suling” (blow pipe) yang bersembunyi di balik cekungan-cekungan tebing, atau disebut juga oleh penduduk sekitar dengan nama Seruling samudera. Seruling samudera adalah sebuah tempat yang mirip dengan celah, berpadu dengan semburan air laut di celah – celah karang Klayar.

Pantai berpasir putih ini memiliki keistimewaan di antara celah karang dan deburan ombak yang melambai yang bisa berbunyi seperti seruling laut. Kemudian Pantai ini juga memiliki pasir putih dan air berwarna biru yang menyenangkan untuk dikunjungi dan di nikmati. Di samping itu juga ada air mancur alam, dimana air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga.

Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut yang mempesona. Ketika ombak kencang datang, cekungan ini memancarkan air setinggi lebih dari 5 meter. Jika angin bersahabat, ia pun akan mengeluarkan tiupan serupa bunyi suling bambu. Berdirilah di atas cekungan tadi, maka tubuh akan bergetar tersiram semburan air laut dalam interval 5-10 detik.

Namun untuk menuju ke kawasan seruling samudera ini, anda tidak diperbolehkan sendirian, karena kawasan ini masuk ke zona terlarang pantai Klayar. Banyak korban berjatuhan di sini, bahkan beberapa orang sampai tidak ditemukan. Yang membuat bahaya adalah karena posisi karang yang menjulang di area ini langsung berbatasan dengan palung laut yang dalam, sehingga bagi yang terlena dengan kondisi ini dan sedang berada di area tersebut, akan langsung terseret ombak palung laut Klayar.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Pemerintah setempat membuat pengamanan di area tersebut dengan cara memasang spanduk peringantan dan pagar – pagar kecil. Selain itu pihak pengelola Klayar juga menyediakan Guide untuk membantu anda menuju ke kawasan seruling samudera ini. Anda cukup memberikan imbalan sepantasnya, maka sang guide (biasanya dua orang) akan menemani perjalanan anda menikmati Tanah Lot dan seruling samudera Pantai Klayar.

Bagi yang mencintai dunia fotografi, lokasi puncak bukit bagian timur yang merupakan tanah lot yang berada di kawasan seruling Laut adalah titik terbaik untuk mengabadikan Klayar. Perlu sedikit memanjat memang. Namun segera terbayar seketika melemparkan pandangan dengan gradasi laut hijau toska, berkolaborasi harmonis dengan topografi karst.

Klayar, Tanah Lotnya Pacitan merupakan maha karya wisata bahari yang terisolasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here