Soto Semarang, Kuliner Sedap yang Memiliki Citarasa “Ngangeni”

  • Whatsapp
Soto Semarang (Foto : Dwi/Jowonews)
Soto Semarang (Foto : Dwi/Jowonews)

Semarang, Jowonews.com—Kuliner khas kota Semarang ini memang menjadi kuliner andalan bagi siapapun yang mencicipinya. Soto dengan ciri khas kuah yang bening ini tentu cocok untuk menjadi menu sarapan maupun makan siang anda. Dengan tampilan yang sederhana, namun soto semarang memiliki kekayaan rasa sehingga mampu membuat siapa yang menyantapnya ketagihan.

Seperti diketahui, kuliner soto termasuk masakan yang sangat populer di Indonesia. Hampir semua daerah di Indonesia  memiliki tipikal hidangan berkuah satu ini. Tercatat, di Jawa Tengah saja ada soto Tegal, soto Pemalang, soto Banjar hingga soto Semarang. Nah, untuk yang terakhir ini nampaknya perlu anda masukkan kedalam referensi kuliner anda ketika berkunjung ke Semarang.

Bacaan Lainnya

Yang menjadi ciri khas soto semarang terletak pada kuah yang bening serta isiannya yang sederhana terdiri atas soun, kecambah (tauge), dan irisan ayam. Dalam penyajiannya, ditambahkan pula taburan bawang putih goreng, dan seledri. Perlu dicatat bahwa soto semarang ini tidak menggunakan santan, sehingga tidak membuat tenggorokan pekat.

Yang membuat soto ini nancap dilidah anda adalah sensasi paduan soto ayam ditambah kecap, perasan jeruk nipis dan berbagai menu tambahan lainnya, seperti seta ayam, tahu, tempe hingga kerupuk sebagai tambahan pelengkap soto kota atlas ini.

Saat memakannya, aroma wangi bawang putih goreng menjadi taste pertama yang terhirup. Selanjutnya perpaduan rasa gurih dan segar kuah soto akan menyatu di lidah. Namun saat disajikan, soto akan lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan panas. Sebab, soto memang lebih nikmat dimakan ketika masih panas.

Konon, yang menjadikan soto semarang nikmat adalah penggunaan berbagai bumbu rempah pada kuah, soto juga diberi bumbu kering, yaitu bawang putih, bawang merah, kunyit, dan kemiri. Bahan-bahan tersebut digoreng kering dan ditumbuk hingga halus. Kaldu dan bawang daun juga digunakan. Sebagai penambah rasa, dimasukkan pula kuah kerang ke dalam mangkuk soto.

Di semarang sendiri, tercatat ada tiga warung soto khas yang memiliki keunggulan masing  – masing, yakni di Jalan Pamularsih, di kawasan Mugas dan kawasan Bangkong Semarang. Hampir semua warung soto tersebut mulai buka sejak pukul 06.00 pagi hari hingga sore.

Selamat menikmati soto semarang dan berbagai menu tambahannya.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *