Pabrik Evercoss Semarang
Ilustrasi Pabrik Evercoss (Foto : Portal Satu)

Semarang, Jowonews.com – Kota Semarang diam-diam telah menjadi kawasan yang dituju pembuat ponsel lokal. Adalah Advance dan Evercoss yang sudah menetapkan pembangunan dan perluasan pabrik di kawasan industri Candi.

Kawasan industri Candi memang selama ini dikenal sebagai kawasan yang menjadi bidikan banyak investor. Selain karena UMK yang relatif lebih rendah, kondisi Kota Semarang yang kondusif dan lebih bebas dari banjir menjadi faktor utama.

Advance sendiri sebenarnya sudah lama memiliki pabrik di kawasan Candi. Selama ini pabriknya menjadi pusat perakitan TV dan layar komputer. Rencanya Advance akan melakukan pengembangan pabriknya dengan investasi senilai 300 milyar rupiah.

Harapannya ke depan Advance bisa memproduksi sampai 300 ribu unit ponsel maupun tablet dalam sebulan.‎ Bila terwujud, setidaknya 1000 tenaga kerja akan diserap oleh Advance.

Lain halnya dengan Evercoss. Pabrikan lokal yang dulu bernama Cross ini tidak tanggung-tanggung akan menginvestasikan pabrik senilai 1 triliyun rupiah. Ini sejalan dengan planning jangka panjang mereka menjual ponsel dan tablet di 10 negara ASEAN.

Setidaknya di dalam negeri Evercoss sudah masuk dalam 5 besar penjual ponsel terbesar. Untuk mewujudkan hal tersebut, Evercoss berencana membangun pabrik dengan kapasitas produksi 500-600 ribu unit ponsel setiap bulannya. Dengan kemampuan daya serap pekerja mencapai 1500 orang.

Gairah bisnis ponsel pintar membawa banyak berkah bagi kota Semarang. Karena UMK yang berselisih cukup besar dari Ibukota Jakarta dan provinsi Jawa Barat, membuat banyak investor mulai melirik Ibukota Jawa Tengah ini.

Reporter : Ibnu Dwi Cahyo (Ikuti di Twitter @Ibnucloudheart)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here