Semarang, Jowonews.com – Saat libur akhir pekan, bangun pagi bukan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Berbeda saat hari aktif, orang-orang dituntut untuk bangun lebih pagi karena tuntutan profesi dan jam kerja. 

Bangun Tidur (gambar : IST)
Bangun Tidur (gambar : IST)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi hari lebih sukses dan lebih produktif dibandingkan dengan orang yang bangun siang. Membiasakan untuk bangun lebih pagi memang sulit untuk beberapa orang. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips dan trik menarik agar terbiasa bangun di awal hari. Dilansir dari womanitely, agar terbiasa bangun pagi, berikut tipsnya :

1. Cahaya ruangan

Cuaca pagi yang gelap membuat Anda jauh lebih sulit untuk bangun pagi, Anda harus membuat kamar Anda ditata dengan baik. Pertimbangkan menempatkan tempat tidur Anda di depan jendela besar, atau mencoba tidur dengan tirai terbuka. Ini hal yang tidak mudah bagi Anda yang tidak suka bangun pagi, tetapi jika Anda menjaga kamar Anda tetap gelap, itu proses sulit untuk Anda bisa bangun pagi.

2. Tidur lebih awal

Jika Anda tidur larut dan bangun pagi, tak heran Anda merasa lelah dan mengantuk di pagi hari. Ketika Anda bangun dan merasa lelah, hari Anda tidak seproduktif saat Anda merasa fit. Jadi cobalah untuk pergi tidur lebih awal dan Anda akan melihat bagaimana Anda akan merasa energi Anda penuh keesokan harinya. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, membaca buku di tempat tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

3. Berolahraga

Olahraga adalah hal terkahir yang ingin Anda lakukan di pagi hari, tapi itu benar-benar membuat Anda lebih bersemangat. Setelah Anda menyadari betapa besar yang Anda rasakan setelah lari pagi atau yoga selama 15 menit. Olahraga juga dapat meningkatkan mood Anda loh.

4. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan merupakan hal yang penting setiap pagi hari, dan tidak boleh Anda lewatkan. Jangan pernah menukar sarapan untuk minum kopi hitam atau cokelat. Sarapan yang Anda konsumsi harus sehat dan terdiri dari biji-bijian, protein, buah-buahan dan sayuran.

Anda dapat mencoba semangkuk bubur panas atau dengan buah-buahan favorit Anda. Anda mungkin tidak berpikir hal ini sebagai salah satu cara agar dapat bangun pagi, karena tidak melibatkan kopi, tapi sarapan yang sehat adalah suatu keharusan ketika Anda ingin gaya hidup yang sehat.

5. Cuci rambut Anda dimalam hari

Jika Anda tidak mempunyai waktu berolahraga di pagi hari, ini salah satu tips agar Anda bisa bangun pagi. Cuci rambut di malam hari dan meluruskannya, jika Anda memiliki rambut keriting. Dengan cara ini, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk sarapan di pagi hari.

Pagi selalu penuh dengan energi. Bangun pagi memberi efek lebih baik pada tubuh dibandingkan bangun siang. Yuk, biasakan bangun pagi. (DWI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here