Soto Seger Boyolali. (Foto : Dwi/Jowonews)
Soto Seger Boyolali. (Foto : Dwi/Jowonews)
Soto Seger Boyolali. (Foto : Dwi/Jowonews)
Soto Seger Boyolali. (Foto : Dwi/Jowonews)

Boyolali, Jowonews.com – Soto adalah salah satu kuliner khas Indonesia. Dan membicarakan kuliner satu ini, tak lengkap rasanya jika tak membincangkan soto seger khas Boyolali yang cukup terkenal. Soto Seger Boyolali mempunyai kedudukan penting dalam peta kuliner Boyolali.

Boleh dibilang ia adalah penanda kebangkitan usaha kuliner di Boyolali. Kemunculannya seolah menggairahkan kembali dan makin menyemarakkan dunia kuliner di kota kecil ini. Salah satu yang terkenal adalah soto ayam Mbok Giyem.

Soto yang memiliki cita rasa kuah yang gurih membuat masyarakat ketagihan oleh kenikmatannya. Soto Mbok Giyem juga biasanya disebut dengan soto segar karena setelah menyantapnya memberikan sensasi segar di dalam tubuh. Soto ini berada di kawasan jalan utama Boyolali menuju Solo, dan selalu buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB. Hal itu dapat diartikan bahwa soto ini cocok untuk sarapan anda.

Lebih mantap lagi soto segar ini disantap dengan ditemani oleh makanan kecil yang tersaji di setiap meja-meja warung Soto Mbok Giyem. Di antaranya adalah sate paru, sate kikil, sate telur, perkedel, tempe goreng dan macam-macam gorengan lainnya.

Kuliner satu ini mampu menarik banyak pelanggan baik dari dalam maupun luar kota. Soto Seger ini terkenal memiliki kuah bening yang rasanya gurih dan menyegarkan, sesuai dengan namanya. Disini tersedia soto ayam dan soto daging sapi, tapi yang paling populer adalah soto sapinya.

Soto disajikan dalam mangkuk kecil dengan isian daging sapi atau suwiran ayam, kecambah, ditambah taburan daun seledri dan bawang merah goreng. Untuk soto ayam biasanya ada tambahan keripik kentang di dalamnya.

Makan soto di warung ini makin istimewa karena di meja anda akan menemukan deretan panjang makanan kecil pendamping soto. Ada sate ayam, sate kikil, sate babat, Sate paru, sate udang tepung, sate cingur, sate telur puyuh, sate uritan, sate hati-ampela ayam, dan berbagai macam gorengan.

Sate paru dan kikilnya sangat mantap, potongannya cukup besar dan empuk. Begitu juga sate uritan yang sangat cocok dimakan sebagai pendamping soto. Dengan kesegaran soto dan pilihan lauk yang sangat melimpah seperti ini, satu mangkuk soto saja rasanya masih kurang. Makan soto disini akan semakin lengkap saat segelas jeruk manis hangat masuk ke tenggorokan anda.

Redaktur : Dwi Purnawan (ikuti di twitter @dwi_itudua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here