Falsafah Jawa ip iku urup (Foto : IST))
Falsafah Jawa ip iku urup (Foto : IST))
Falsafah Jawa ip iku urup (Foto : IST))
Falsafah Jawa ip iku urup (Foto : IST))

Jowonews.com, SEMARANG – Salah satu konsep yang sangat terkenal dalam konteks filosofi jawa adalah Urip Iku Urup. Makna ini sebenarnya hampir mirip dengan makna dalam bahasa arab, Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Makna umum dari urip iku urup adalah bahwa hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat.

Seseorang mestinya memiliki keterpanggilan untuk saling menolong saudaranya, memiliki jiwa dan semangat memberi manfaat kepada sesama. Kebaikan seseorang, salah satu indikatornya adalah kemanfaatannya bagi orang lain.

Keterpanggilan nuraninya untuk berkontribusi menyelesaikan problem orang lain. Jadi, manusia terbaik adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain, seperti yang diungkapkan kutipan hadits di atas.

Karena hidup adalah bersosial, mestinya hidup kita relevansikan dengan tujuan penciptaan Tuhan atas manusia, menjadi rahmatan lil ‘alamin, menjadi rahmat bagi semesta alam. Mestinya, manusia membingkai kehidupannya dengan misi pengabdian kepada Tuhannya dengan beroriantasi manjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama, apapun profesinya.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di Twitter @dwi_itudua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here