sego megono pekalongan (Foto : Segomegono bu marlis)
sego megono pekalongan (Foto : Segomegono bu marlis)
sego megono pekalongan (Foto : Segomegono bu marlis)
sego megono pekalongan (Foto : Segomegono bu marlis)

Pekalongan, Jowonews.com – Selama ini Pekalongan dikenal sebagai kota batik. Namun siapa sangka, salah satu kuliner yang menarik untuk menjadi referensi wisata kuliner yakni Nasi Megono berasal Pekalongan. Nasi megono ini sangat populer di Pekalongan, Nasi megono merupakan nasi putih yang dicampurkan dengan urap nangka. Cara memasaknya adalah dengan dikukus.

Nasi Megono memiliki cita rasa yang cukup unik, terasa sangat enak dilidah dan harganya jauh lebih murah. Bahan dasar megono sama dengan bahan dasar gudeg jogja hanya saja megono tidak berkuah. Biasanya megono terbuat dari bahan dasar nangka muda atau gori yang dicincang kasar dan dicampur dengan parutan kelapa muda serta bumbu-bumbu khas yang sedap dan menggugah selera.

Megono dengan berbahan dasar gori sering disut dengan nama megono cecek. Sedangkan jika berbahan sayur dikenal dengan megono paris. Megono juga dapat dibuat dari bahan dasar batang pohon bambu muda yang disebut megono bung.

Nangka muda ini dicincang halus dengan balutan bumbu kelapa yang pedas gurih. Aroma bawang dan gigitan cabainya sungguh terasa sedap. Terik tahu dan tempenya juga tampil menggoda. Inilah sayur sederhana, tempe dan tahu dimasak dengan bumbu bawang kemiri dan santan kental.

Nasi megono merupakan menu masakan yang sangat mudah dijumpai diberbagai daerah. Sebab megono adalah warisan menu makanan yang sudah turun temurun dan ketika masyarakat di berbagai daerah berkunjung ke kota pekalongan mereka telah mencicipinya.

Akhirnya lambat laun megono berkembang di seluruh wilayah nusantara. Jika anda mampir ke kota batik ini, anda dapat merasakan kenikmatan masakan megono ini.Nasi megono sangat enak jika dipadukan dengan kuah pindang ikan maupun garang asem Pekalongan.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di Twitter @dwi_itudua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here