Air Panas Guci. (Foto : Ashim)
Air Panas Guci. (Foto : Ashim)
Air Panas Guci. (Foto : Ashim)
Air Panas Guci. (Foto : Ashim)

Tegal, Jowonews.com — Jika kita menjejakan kaki di tegal maka yg terpikir adalah daerah tepi pantai utara. Daerah perkampungan nelayan dengan kerasnya jalan nasional pantura. Bahasa unik yg bernama “ngapak” yg begitu kental terdengar disini. Tegal terkenal dengan warung nasinya yg tersebar hampir diseluruh kota besar di Indonesia. Tegal memiliki pariwisata yg beragam. Walau terkenal dengan daerah tepi pantai utara namun daerah tegal meliputi kaki gunung slamet. Nah disini ada pemandian air panas yg sangat terkenal yaitu GUCI.

GUCI adalah pemandian air panas yg terletak di kaki gunung slamet tepatnya di bumi jawa. Perjalanan dari kota tegal menuju ke pariwisata guci ini membutuhkan waktu sekitar setengah hingga satu jam dengan perjalanan santai. Guci ini berada di ketinggian 1050 MDPL. Pemandangan yg disuguhkan ketika perjalanan menuju ke guci sangatlah indah. Pemandangan khas perbukitan dan lereng gunung terpampang indah tergelar disekitar sana.
Air panas yg dikeluarkan di pemandian ini mengandung belerang yg dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Udara yg dingin membuat perpaduan antara air panas dan suasana menjadi harmoni yg pas. Disini juga terdapat beberapa air terjun, namun yg paling terkenal adalah air terjun jedor. Diatas air terjun ini terdapat pemandian air panas dengan 13 pancuran yg sangat menarik.

Untuk mengelilingi kawasan wisata ini bisa dengan berjalan kaki atau menyewa kuda dengan tarif yg bersahabat dengan kantong. Dan setelah dari guci anda bisa membeli buah maupun sayur segar di sekitar bumi jawa.

Reporter : Ashim Adzorif (Ikuti di twitter @ashimadzorif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here