Buah - buahan yang bisa digunakan menurunkan berat badan. (Foto : Wajoo)
Buah - buahan yang bisa digunakan menurunkan berat badan. (Foto : Wajoo)
Buah - buahan yang bisa digunakan menurunkan berat badan. (Foto : Wajoo)
Buah – buahan yang bisa digunakan menurunkan berat badan. (Foto : Wajoo)

Semarang, Jowonews.com—Memiliki berat badan berlebih atau kegemukan tentu akan merepotkan anda dalam bergerak. Ingin bergerak seolah terbatasi dan memiliki risiko kesehatan yang cukup banyak. Serangan jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes adalah beberapa penyakit yang diketahui memiliki kaitan erat dengan kegemukan atau obesitas. Oleh karena itu, memiliki berat badan yang ideal adalah sebuah keharusan.

Salah satu cara untuk melakukan diet memperoleh badan ideal, seperti dikutip dari Boldsky, adalah memasukkan buah-buahan sebagai sarana untuk membatu mengurangi berat badan. Beberapa buah diketahui memiliki serat tinggi dengan lemak yang rendah, atau bahkan tidak ada sama sekali. Dan, berikut ini buah-buahan yang cocok dimasukkan dalam menu diet Anda:

  1. Apel. Buah ini kaya serat dan manis. Rasa manisnya memicu perasaan kenyang. Apel juga membantu membersihkan sistem pencernaan Anda dan sekaligus menurunkan berat badan
  2. Nanas. Buah ini bebas kolesterol dan lemak. Sekitar 85 persen kandungannya adalah air. Penyusun nutrisi lainnya adalah vitamin, serat, antioksidan, dan mineral. Dan, nanas bisa memberikan rasa kenyang dalam waktu lama.
  3. Jeruk. Jeruk adalah buah kaya air dan mengandung kurang dari 100 kalori untuk ukuran besar. Buah ini kaya serat yang membantu peluruhan lemak.
  4. Pisang. Pisang yang kehijauan memiliki banyak pati larut yang dapat mempercepat proses pembakaran lemak. Seratnya membuat perut terasa kenyang, apalagi jika Anda menambahkan dengan meminum air.
  5. Lemon. Lemon atau jeruk nipis diketahui membantu untuk menurnkan berat badan secara turun temurun. Peras setengah lemon ke dalam air, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan minum. Ramuan tersebut membantu membakar lemak dan membersihkan sistem pencernaan.
  6. Kiwi. Buah yang kaya vitamin C ini tinggi serat. Hal tersebut membantu menekan keinginan untuk selalu makan
  7. Berry. Berbagai bentuk berry seperti stroberi, blueberi, dan sebagainya membantu melancarkan buang air besar. Ini membantu membuang racun dan materi lain di pencernaan. Buah ini juga membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan berat badan.
  8. Semangka. Buah ini sama sekali tidak ada lemaknya. Selain kaya air, semangka penuh dengan vitamin A dan C. Khasiat semangka bisa mengurang tekanan darah dan memberikan tubuh energi ekstra. Makan semangka bisa membuat Anda enggan untuk makan banyak karena serat dan airnya membuat kenyang.
  9. Buah-buahan kering. Buah kering seperti plum, kurma, dan kismis dapat ditambahkan dalam takaran kecil di menu diet Anda. Buah tersebut membakar lekebihan lemak dan mengurangi kolesterol, serta menurunkan berat badan dengan cara sehat.
  10. Persik. Buah persik membantu memberikan energi yang diperlukan untuk memulai proses pencernaan. Gulanya juga membantu menimbulkan rasa kenyang.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here