Soto Semarang (Foto : Dwi/Jowonews)
Soto Semarang (Foto : Dwi/Jowonews)

Semarang, Jowonews.com – Mudik Lebaran akan lebih terasa jika anda bisa menikmati perjalanan mudik menuju ke rumah orang tercinta dengan aman, nyaman dan lancar. Salah satu yang menyebabkan kondisi nyaman adalah selalu terisinya energi anda dengan kuliner lezat khas nusantara.

Redaksi Jowonews telah mernagkum beberapa kuliner di Jateng yang patut untuk anda cicipi selama perjalanan mudik dan balik Lebaran ke kampung halaman.

Soto Semarang

Soto juga sebenarnya bukan makanan asli Indonesia, tapi asal Cina. Nama aslinya adalah Caudo. Barangkali karena sulit diucapkan oleh lidah orang Indonesia, makanya menjadi soto. Semarang adalah tempat di mana kali pertamanya soto dipopulerkan. Salah satu warung soto terkenal di Kota Semarang adalah Soto Bangkong.

Tempat wisata makan di Semarang ini berada di perempatan jalan besar antara Jl. A. Yani, Jl. M. T. Haryono dan Jl. Brigjen Katamso. Nama Bangkong sendiri sebenarnya adalah nama jalan sebelum diubah, yaitu Jalan Bangkong.

Soto Kudus

Soto Kudus. Kudus memang terkenal dengan sotonya yang khas dan nikmat. Memang sepintas soto tersebut sama seperti soto pada umunya, namun setelah anda mencicipi rasanya, tentu anda akan merasakan kenikmatan tersendiri yang akan membuat anda datang lagi untuk menikmati soto Kudus ini. ada 2 pilihan untuk soto kudus, yaitu soto ayam dan soto kerbau.

Tengkleng Kambing

Tengkleng juga merupakan kuliner legendaris dari Solo yang juga merupakan makanan khas Solo. Tengkleng juga termasuk makanan sup yang berbahan utama daging kambing, jeroan, serta tulang kambing. Bagi pecinta kuliner pasti sudah sering merasakan kuliner yang satu ini, namun boleh dicoba tengkleng asli Solo yang sudah terkenal yang berada di Pasar Klewer.

Nasi Liwet Solo

Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan kelapa, dan disajikan dengan sayur labu siam, daging ayam yang dipotong kecil-kecil. Rasanya yang gurih dan nikmat akan membuat lidah dan perut anda ingin selalu memakannya.

Mendoan Purwokerto

Mendoan sendiri berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Meskipun tidak benar – benar matang, mendoan ini sangat aman untuk dikonsumsi karena tempe yang menjadi bahan dasarnya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Timlo Solo

Timlo merupakan kuliner khas dari Solo yang terkenal, makanan berkuah ini sebenarnya tidak jauh beda dengan soto namun yang membedakannya yaitu dari komposisinya. Makanan Timlo terdiri dari campuran nasi, suwiran daging ayam, sohun, irisan ati ampela ayam, telur kecap, dan sosis solo. Jika ingin menikmati kuliner khas Solo bisa mendatangi area Pasar Gedhe, Solo.

Nasi Gandul Pati

Nasi gandul ini memang sangat khas bumbu dan rasanya ketika dinikmati langsung dari kota Pati. Kuah yang segar dan lauk daging sapi yang sudah diolah menjadi pelengkap untuk menikmati nasi gandul ini.

Bakso Wonogiri

Walaupun Wonogiri merupakan salah satu kota kecil di Jawa Tengah tetapi kota ini sangat terkenal dengan baksonya. Banyak penjaja bakso di kota-kota besar menggunakan nama bakso wonogiri karena terkenal dengan rasanya yang enak. Tak cuma baksonya saja tetapi mi ayamnya pun juga tak kalah nikmat. Yuk, dicoba membuat mi ayam bakso sendiri di rumah.

Redaktur : Dwi Purnawan (ikuti di twitter @dwi_itudua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here