Ilustrasi : Supir bus (Foto : IST)
Ilustrasi : Supir bus (Foto : IST)
Ilustrasi : Supir bus (Foto : IST)
Ilustrasi : Supir bus (Foto : IST)

Semarang, Jowonews.com – Lebaran sebentar lagi, dan tradisi mudik akan kembali dilakukan oleh 22,7 juta masyarakat Indonesia. Namun yang cukup memprihatinkan dari agenda mudik Lebaran adalah jumlah kecelakaan yang tinggi.

Berdasarkan data, saat arus mudik lebaran menurun pada tahun 2013 (3.675) dibanding tahun 2012 namun masih berakibat 795 orang meninggal. Jumlah orang meninggal juga menurun 12,4% dibanding tahun 2012.

Bagi para pengemudi, adalah sangat penting untuk senantiasa menjaga kebugaran tubuh saat mudik. Berikut kiat bagi para pengemudi saat mengendalikan kendaraan selama mudik Lebaran.

Yang pertama adalah menyiapkan fisik dan mental yang prima, agar dalam perjalanan anda mampu bertahan dalam kurun waktu yang lama.

Tips yang kedua adalah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mengemudi. Pastikan saat mengemudi, anda dalam keadaan sehat.

Hindari penggunaan obat perangsang, obat keras dan alkohol. Karena obat semacam ini dapat mengganggu sistem dalam tubuh, sehingga wajib dihindari bagi para pengemudi.

Jika lelah, istirahat setiap 4 jam. Ini penting untuk menjaga kesegaran tubuh anda.

Tips yang kelima, manfaatkan pos kesehatan jika membutuhkannya. Karena sekarang banyak pos kesehatan, anda bisa memanfaatkan posko tersebut untuk melepas lelah.

Tips yang keenam, siapkan obat-obatan P3K dalam kendaraan

Tips yang ketujuh, selalu Hati-hati mengemudi terutama pada saat cuaca buruk

Tips kedelapan, selalu disiplin dalam mengemudi dan mematuhi rambu lalu lintas

Tips terakhir, pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here