Mobil anti kantuk. (foto : Mashable)
Mobil anti kantuk. (foto : Mashable)
Mobil anti kantuk. (foto : Mashable)
Mobil anti kantuk. (foto : Mashable)

Semarang, Jowonews.com—Salah satu kekurangan kita dalam berkendara adalah sifat alamiah manusia, yakni mengantuk menjadi ancaman dalam mengemudi. Untuk itu, para ilmuwan pun merancang sebuah mobil yang anti ngantuk.

Dilansir dari Mashable, sebuah sistem protipe terbaru dirancang untuk mencegah pengemudi dari kecelakaan yang disebabkan oleh kantuk. Sistem tersebut bekerja dengan mengukur detak jantung dan sistem respirasi pengemudi.

Sistem ini dikembangkan oleh Biomechanics Institute (IBV) di Valencia, Spanyol. Sistem sensor tersebut tertanam di dalam mobil, sensor yang ada di sabuk pengaman ditujukan untuk memantau detak jantung.

Sementara sensor yang ada di seat cover berfungsi untuk mengukur pernafasan. Bila sensor mendeteksi pengemudi sedang tertidur, maka alarm akan berbunyi untuk membangunkan pengemudi sebelum ia kehilangan kendali.

Penelitian ini didanai oleh Uni Eropa, proyek ini sendiri dinamakan Harken. Harken terdiri dari sensor cover jok dan sabuk pengaman, dilengkapi dengan unit pemrosesan hidden signal, yang memproses data secara realtime.

Redaktur : Dwi Purnawan (ikuti di twitter @dwi_itudua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here