Pantai Menganti (Foto : Detik)
Pantai Menganti (Foto : Detik)
Pantai Menganti (Foto : Detik)
Pantai Menganti (Foto : Detik)

Kebumen, Jowonews.com – Kabupaten Kebumen menyimpan pantai dengan latar indah, Pantai Menganti namanya. Selain dapat melihat laut dari ketinggian, terdapat bukit hijau yang semakin menambah indah pemandangan.

Perpaduan dua pemandangan alam yang sangat serasi, laut biru yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau, dan tebing alam yang menjulang tinggi. Pantai Menganti memang tempat yang indah.

Dari pusat Kabupaten Kebumen, pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, ini dapat ditempuh dari dua jalur. Anda bisa melalui rute Kebumen-Petanahan-Puring-Suwuk-Menganti, dengan jarak sekitar 38 kilometer. Namun, medan yang dilalui cukup terjal dan melewati bukit curam.

Diketahui, rute yang lebih bersahabat dari pusat Kecamatan Gombong melalui Pantai Logending ke arah selatan. Jalur ini jaraknya sekitar 45 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Anda lebih disarankan melalui rute ini. Meski lebih jauh, kondisi jalan tidak seekstrem rute pertama dan pemandangannya pun jauh lebih indah.

Kendaraan umum dari Gombong berhenti di Pantai Logending. Dari sini, Anda bisa menyewa ojek dengan ongkos sekitar Rp 20.000. Jika pergi dengan rombongan, kendaraan umum seperti minibus yang biasa parkir di Pantai Logending bisa disewa dengan harga paling mahal Rp 100.000 untuk rute pergi pulang.

Pantai ini dibatasi perbukitan batu gamping dan batuan (klastika) gunung api. Hamparan pasir berwarna putih hasil abrasi batu gamping dan keindahan pohon kelapa di pinggir pantai menciptakan nuansa dan pesona nan indah.

Di pantai ini, Anda juga bisa melebur dengan keseharian para nelayan setempat yang bersahaja. Mereka biasa duduk di perahu di sekitar pantai setelah semalaman melaut. Pengalaman membeli ikan segar langsung di tempat pelelangan ikan pun dapat dilakukan di sini.

Pemandangan lebih eksotis jika Anda menaiki bukit di sisi timur pantai. Di puncak bukit terdapat mercusuar yang didirikan kolonial Belanda tahun 1912-1915 setinggi 20 meter yang bisa dinaiki hingga puncaknya. Dari lokasi ini, Anda bisa melihat seluruh kawasan pantai, lekuk-lekuk bukit karang membentang, hingga birunya samudra.

Pantai Menganti dibuka untuk umum oleh pemerintah desa setempat pada awal 2011. Sebelumnya, lokasi ini hanya menjadi tempat pendaratan perahu nelayan. Karena itu, obyek wisata ini belum dikelola Pemerintah Kabupaten Kebumen.

Pantai ini juga pernah dijadikan ajang lomba selancar nasional pada 2011. Ombaknya yang tidak seganas pantai pesisir selatan lain, disebabkan lokasi pantai yang dikelilingi gunung karang dan kapur. Namun, karena belum dipersiapkan menjadi obyek wisata komersial, kondisi infrastruktur belum memadai menuju pantai ini.

Surga kecil itu pun menanti kesungguhan niat pemangku kebijakan setempat menggarap potensi alam luar biasa itu menjadi obyek wisata yang layak ditawarkan kepada wisatawan.

Redaktur : DWI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here