Puncak Gunung Lawu. (Foto : Ashim)
Puncak Gunung Lawu. (Foto : Ashim)

MAGETAN, Jowonews.com – Mendaki adalah salah satu kegiatan megasikan untuk mengisi liburan. Selain mendapatkan panorama yang indah kita juga melatih otot kita supaya kuat dan memiliki stamina yang baik. Berbagai pengalaman bisa didapatkan ketika mendaki. Untuk para warga jawa tengah yang ingin melakukan pendakian bisa mendaki gunung lawu

Gunung lawu memiliki ketinggian 3.265 m, gunung ini terbagi antara jawa tengah dan jawa timur. Basecamp pendakian awal terdapat di dua tempat yaitu cemoro kandang di tawangmangu jawa tengah dan cemoro sewu di sarangan jawa timur. Jalur pendakian dari cemoro kandang ke puncak memiliki trek yang tidak terlalu curam namun jaraknya lumayan jauh yaitu sepanjang 16.5 kilo meter.

Lalu jalur cemoro sewu yang berada di sarangan jawa timur memiliki trek yang curam, jalur trek ini terdiri dari bebatuan yang sudah di susun seperti tangga. Setiap jalur memiliki beberapa pos pendakian yang bisa digunakan untuk berkemah ketika malam maupun untuk sekedar beristirahat.

Gunung lawu biasa digunakan untuk pendaki pemula dan yang ingin mendaki santai. Di pos pertama cemoro sewu terdapat warung makan untuk mengisi perut anda sebelum melakukan pendakian. Jalur pendakiannya pun dilengkapi pegangan besi untuk membantu pendaki dalam melakukan pendakian. Sebelum mencapai puncak antara pos empat dan pos lima terdapat warung sehingga anda bisa menghilangkan sedikit penat dan lelah sambil menikmati santapan yang ada.

Bila anda naik dari cemoro kandang tidak diapati warung yang menjual makanan namun jalur pendakian ini lumayan landai sehingga para pendaki bisa istirahat setiap saat. Suhu ketika pendakian cukup dingin jadi para pendaki harus membekali dengan jaket untuk menghangatkan

Ketika sampai di puncak para pendaki akan mendapati pemandangan yang sangat indah. Pemandangan negeri diatas awan yang sungguh mempesona. Di puncak tertinggi lawu (hargo dumilah) kita bisa dapat melihat puncak Gunung Merapi dan Merbabu di arah barat, dan di arah timur akan terlihat puncak Gunung Kelud, Gunung Butak, dan Gunung Wilis.

Bila anda sampai puncak ketika sore hari maka anda akan mendapati langit yang berwarna kemerah merahan dipadu dengan putihnya awan. Bila hari cerah maka anda akan mendapati pemandangan kota dari atas gunung yang menawan hati. Kita juga bisa melihat pemandangan telaga sarangan yang indah dari ketinggian lawu

Untuk melakukan pendakian ini anda harus melakukan registrasi sebesar 5000 rupiah sebagai tiket sekaligus asuransi bila terjadi sesuatu.

 Reporter : Ashim Adzorif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here