MInyak Zaitun untuk kesehatan Jantung. (Foto : IST)
MInyak Zaitun untuk kesehatan Jantung. (Foto : IST)
MInyak Zaitun untuk kesehatan Jantung. (Foto : IST)
MInyak Zaitun untuk kesehatan Jantung. (Foto : IST)

Semarang, Jowonews.com—sebuah penelitian menarik kesimpulan minyak zaitun dapat membantu mengembalikan detak jantung pada orang yang alami gagal jantung. Peneliti dari University of Illinois menemukan fakta bahwa Asam Oleat—lemak tak jenuh yang banyak terkandung di minyak zaitun—dapat membantu jantung kembali memompa darah lebih efektif.

Alasan paling umum seseorang menderita gagal jantung karena rusaknya otot jantung karena penggunaan obat-obatan, alkohol, atau tekanan darah tinggi. Gejala gagal jantung yang mungkin Anda alami seperti sesak napas saat berkegiatan maupun beristirahat, pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, perut, dan punggung bagian bawah.

Belum ditemukan cara untuk mengembalikan kondisi otot jantung seperti semula. Hanya konsumsi obat serta perubahan gaya hiduplah yang membantu pasien agar potensi serangan jantung dapat diminimalisir.

Para ilmuwan melakukan penelitian ini setelah sebelumnya diketahui bahwa jantung sehat akan tetap menyerap lemak untuk memompa darah. Sedangkan pada jantung yang ototnya lemah atau rusak tidak mampu menyerap lemak. Ini berarti bahwa jantung tidak dapat bekerja dengan maksimal karena timbunan lemak beracun menyumbat arteri.

Ilmuwan percaya bahwa oleat dapat membantu tubuh menghasilkan enzim yang berguna memecah lemak, sehingga jantung dapat menyerap lemak. “Hal ini memberikan lebih banyak bukti untuk mengkonsumsi lemak sehat. Melihat dampak positif pada kesehatan jantung,” papar Douglas Lewandowskii dari University of Illinois, Chicago.

Peneliti menganalisis bagaimana tikus merespon oleat atau aplmitate, lemak yang ditemukan dalam lemak jewani dan produk susu. Hasilnya oleat dapat membantu jantung memompa kembali darah dengan segera. (DWI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here