Bangun Tidur (gambar : IST)
Bangun Tidur (gambar : IST)

Jowonews.com—Gaya hidup modern dan padat seringkali mengabaikan hak – hak tubuh yang harus dipenuhi, istirahat misalnya. Padahal tidur yang cukup tidak saja penting untuk stamina dan energi, tapi juga kesehatan fisik, kesehatan mental, serta berat dan bentuk badan kita.

Manfaat tidur yang pertama adalah mampu mencegah depresi. Diketahui, di otak kita, terdapat sebuah senyawa bernama Serotonin yang membawa sensasi puas, damai, dan senang. Apabila konsentrasi senyawa ini berkurang, kita akan cenderung mengalami depresi. Ketika tidur, terutama dalam keadaan gelap, tubuh kita memproduksi hormon melatonin. Hormon ini sangat besar pengaruhnya terhadap konsentrasi Serotonin di otak. Jadi, tak heran jika tidur kita kurang, mood kita pun cenderung menurun.

Efek tidur cukup yang selanjutnya adalah Mengurangi Resiko Osteoporosis. Melatonin, yang lagi-lagi diproduksi hanya ketika tidur dalam keadaan gelap, juga memiliki pengaruh kuat terhadap jaringan keras, seperti tulang. Kemampuan melatonin dalam menjaga kesehatan tulang sudah terdokumentasi kuat di berbagai penelitian. International Journal of Molecular Science dan Journal of Pineal Research membuktikan bahwa kekurangan melatonin dalam tubuh yang berkepanjangan bisa menyebabkan osteoporosis.

Manfaat tidur juga mampu mengurangi Resiko Kanker. Hormon melatonin yang diproduksi ketika tidur juga bersifat antioksidatif. Maksudnya, hormon tersebut mampu mengikat senyawa radikal bebas dalam tubuh, yang merupakan penyebab utama pertumbuhan sel kanker. Cancer Research edisi Desember 2005 memuat penelitian yang membuktikan bahwa melatonin mampu menekan pembelahan diri sel kanker serta pertumbuhan tumor. Jadi mudahnya, melatonin bersifat mencegah kanker.

Manfaat tidur selanjutnya adalah mempengaruhi proses detoksifikasi serta keseimbangan hormon-hormon lain, seperti hormon pertumbuhan, dalam tubuh. Apabila kita tidak memiliki cukup tidur, proses detoksifikasi tubuh akan terganggu. Akhirnya, tubuh menjadi toxic. Apa yang terjadi bila tubuh toxic? Penimbunan lemak akan semakin mudah dan pembakaran lemak akan semakin sulit

Di sisi lain, hormon pertumbuhan sangat penting dalam proses metabolisme. Jadi, jika konsentrasinya menurun, metabolisme tubuh akan menurun. Metabolisme tubuh yang rendah meningkatkan kecenderungan menaikkan berat badan dan menghambat pembakaran lemak.

Selanjutnya, tidur cukup mampu membantu Menjaga Nafsu Makan. Tidur tidak saja penting dalam menjaga keseimbangan konsentrasi hormon pertumbuhan di dalam tubuh, tapi juga hormon kortisol. Namun, berbeda dengan hormon pertumbuhan yang berbanding lurus dengan tidur, hormon kortisol berbanding terbalik dengan tidur. Jadi, apabila kita kekurangan tidur, konsentrasi hormon kortisol akan meningkat. Apa yang terjadi bila konsentrasi hormon ini tinggi di dalam tubuh?

Efek langsung dari hormon ini adalah peningkatan nafsu makan, terutama akan makanan yang manis-manis secara makanan manis akan memicu efek berantai dalam tubuh yang berujung pada penurunan hormon kortisol. Konsumsi makanan berlebih, khususnya makanan manis, akan memicu penimbunan lemak, yang pada akhirnya akan menyulitkan kita dalam mencapai bentuk dan berat badan ideal kita.

Begitu pentingnya tidur, maka jangan sepelekan aktivitas satu ini. Usahakan untuk mendapatkan cukup tidur setiap hari untuk kesehatan optimal serta berat dan bentuk badan ideal anda. Selamat menjaga tubuh anda. (DP-JN03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here