Pemalang, Jowonews.com—Satu lagi kuliner nikmat yang bisa menjadi referensi anda saat berkunjung ke Pemalang, yap, namanya kue apem comal. Kue ini adalah kue apem, yang bentuknya bulat pipih. Kuliner yang biasa dikonsumsi masyarakat sebagai camilan ini, ketika memasuki bulan puasa, memegang peranan penting. Karena menjelang selikuran, ketika kaum muslim yang sedang puasa banyak berdiam di masjid, dalam rangka menyambut malam lailatul qhodar, apem ini menjadi camilan.

Kuliner khas Pemalang ini merupakan kue basah berwarna coklat tua. Tampilannya unik karena kuenya sudah sepaket dengan alasnya berupa daun pisang yang sudah dibentuk agak bulat.

Bahan baku Apem Comal yang terbuat dari tepung beras dan gula jawa, sejak dulu memang terus terjaga hingga kini. Rasa manisnya sangat pas dan tidak membosankan selera karena manis-manis legitnya yang khas. Nama Apemnya sendiri konon merupakan singakatan dari Asli Pemalang meskipun kebenarannya sampai sekarang belum bisa dibuktikan.

Apem Comal dalam pembuatannya masih menggunakan cara-cara tradisional, namun justru inilah kekhasan jajanan ini tetap terjaga. Bahan dasar dari Apem ini berupa tepung beras dan gula merah. Warna coklat tua didapat dari gula merah.

Apem Comal sudah melekat menjadi kuliner khas Pemalang, namun dari beberapa informasi yang masmin baca dan dengar, ternyata pembuatan kue ini dilakukan oleh warga Kesesi, Pekalongan. (DP-JN03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here