foto illustrasi tanjung mas semarang, sumber: www.tribunnews.com
foto illustrasi tanjung mas semarang, sumber: www.tribunnews.com

Semarang, Jowonews.com – Pemprov Jateng akan melakukan pembangunan Pelabuhan Tanjung Emas dan Bandara Internasional A Yani, Semarang, secara bersama-sama pada tahun 2015-2016. Sehingga diharapkan pembangunan itu bisa sejalan.

Rencana itu disampaikan Plt Sekda Jateng Sri Puryono. “Rencana pembangunan pelabuhan dan bandara itu juga sudah disampaikan pak Jokowi (Presiden-red). Rencana pembangunan itu akan dibiayai bersama-sama pemerintah pusat dan pemprov,”ungkapnya, Selasa (21/10)
Rencana pembangunan itu akan dibiayai bersama pemerintah pusat.

Menurutnya, rencana pembangunan pelabuhan tanjung emas sekaligus mendukung program tol laut. Akan tetapi itu bukan berarti bikin jalan tol diatas laut. Melainkan menjadikan laut sebagai tempat transportasi handal.

“Untuk itu pelabuhan-pelabuhan strategis akan dibangun, termasuk pelabuhan tanjung emas Semarang,”paparnya.

Terkait rencana itu kedepan pemprov akan mengundang pihak-pihak terkait. Seperti kementrian perhubungan, dishub kota Semarang dan pihak terkait lainnya untuk koordinasi.

Disampaikannya pula, pembangunan pelabuhan memang sangat mendesak. Pasalnya, selama ini kapal pesiar yang mau singgah di tanjung emas selalu menanyakan kedalaman pelabuhan.

“Selama ini kapal pesiar yg kesini menanyakan berapa kedalamannya pelabuhan tanjung emas Semarang. Karena kapal mereka besar dan tingkat sampai 12. Kalau turun ke bawah pakai lift,”ungkapnya.

Ketika dijawab kedalamannya sampai 12 meter, sesuai persyaratan, mereka bertanya lagi mau diajak kemana kalau ke Semarang?.

“Utk itu secara terintegrasi akan dibangun tempat wisata di semarang dan sekitarnya. Misal Jati Barang, Goa Kreo, dan wisata Religi,”akunya.

Apakah dananya sudah siap?. Sri Puryono mengaku sudah siap. Namun secara rinci dirinya tidak hafal.(AS-JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here