Ruang Paripurna DPRD Jateng masih kosong
Ruang Paripurna DPRD Jateng masih kosong
Ruang Paripurna DPRD Jateng masih kosong

Semarang, Jowonews.com– Empat fraksi melakukan aksi “walk out” pada rapat paripurna dengan agenda pembentukan alat kelengkapan DPRD Jawa Tengah periode 2014-2019, Rabu (22/10).

Keempat fraksi yang “walk out” itu adalah Fraksi Gerindra (11 orang), Fraksi Golkar (sepuluh orang), Fraksi PAN (delapan orang), dan Fraksi PKS (sepuluh orang).

Anggota Fraksi Gerindra Sriyanto Saputra mengatakan bahwa pihaknya “walk out” dari rapat paripurna karena belum menyerahkan daftar nama anggota dewan yang akan ditugaskan di lima komisi.

“Surat dari pimpinan dewan baru kami terima Selasa (21/10) petang tapi pagi ini langsung digelar rapat paripurna dan pembentukan alat kelengkapan dewan. Ini ada apa kok mendadak,” katanya.

Menurut dia, Fraksi Gerindra perlu berkonsultasi lebih dulu dengan pengurus partai terkait dengan nama-nama kader yang akan ditempatkan pada komisi A hingga komisi E.

Usai sebelas anggota Fraksi Gerindra melakukan “walk out”, puluhan legislator dari Fraksi Golkar, dan Fraksi PAN menyusul aksi tersebut.

Fraksi PKS bahkan melakukan “walk out” tanpa izin pimpinan dewan karena tidak menghadiri rapat paripurna lanjutan yang sempat “diskorsing” selama empat jam.

Proses pembentukan alat kelengkapan DPRD Jateng periode 2014-2019 pada rapat paripurna berjalan alot karena selain “skorsing” sebanyak dua kali juga diwarnai interupsi dari para legislator.

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi sebelumnya telah melakukan “skorsing” selama empat jam dan melanjutkan sidang pada pukul 15.15 WIB, namun akhirnya ditunda kembali pukul 15.30 WIB dan dilanjutkan 30 menit kemudian.(AS-JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here