Rukma Setyabudi (Ketua DPRD Jateng). (Foto : Hariansemarang)
Rukma Setyabudi (Ketua DPRD Jateng). (Foto : Hariansemarang)

Semarang, Jowonews.com—Konflik yang terjadi di DPRD Jateng terkait perebutan kekuasaan di alat kelengkapan dewan (AKD) berakhir dengan manis. Dua kubu poros politik yang selama ini berseteru, sepakat untuk menyelesaikan secara baik-baik. Konsekwensinya, susunan pimpinan AKD akan diuubah.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Jateng Rukma Setya Budi saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Rabu (29/10). “Mereka (Fraksi Golkar, Gerindra, PAN dan PKS-red) sudah okey mas. Semuanya diselesaikan dengan baik-baik untuk kepentingan masyarakat Jateng,”ungkapnya.

Pernyataan itu disampaikan Rukma Setya Budi saat dikonfirmasi adanya surat kepada empat fraksi, yaitu Golkar,Gerindra, PAN dan PKS dari ketua dewan, supaya segera mengirimkan nama-nama anggotanya yang ditugaskan di AKD. Dalam surat tertanggal 29 Oktober itu, keempat fraksi diberi batas waktu sampai hari Jumat (31/10).

Dengan adanya kesepakatan itu, Golkar, Gerindra, PAN dan PKS akan diakomodir dalam alat kelengkapan dewan. Apakah kalau begitu pimpinan AKD akan dilakukan ‘kocok’ ulang?. Rukma menyatakan “Belum pasti. Tapi mungkin ada perubahan,”akunya.

Namun demikian, Rukma tidak berani memberi jawaban pasti, tampaknya memang dengan adanya kesepakatan dua poros politik di DPRD Jateng itu, dapat dipastikan akan ada ‘kocok’ulang pimpinan AKD.

Cara yang digunakan memang sangat halus, sehingga tidak ada yang merasa menang atau dikalahkan. Supaya tidak ada yang tersinggung. Ini tergambar dari pernyataan Rukma selanjutnya. “Mungkin ada perubahan tapi tidak ada pemilihan alat kelengkapan dewan ulang,”tegasnya.

Politisi PDIP ini akhirnya memberi deadline kepada 4 fraksi untuk segera memasukkan nama-nama anggotanya yang ditugaskan dialat kelengkapan dewan. Batas waktu untuk memasukkan nama-nama itu diberikan palinglambat Jumat (31/10).

Pemberian deadline itu melalui surat resmi yang dikirim kepada 4 fraksi pada hari Rabu (29/10) kemarin. Surat dengan nomor 165/2425/2014, tertanggal 29 Oktober 2014 itu, ditandatangani langsung oleh Rukma Setya Budi sebagai Ketua DPRD Jateng.

Demi kelancaran kerja DPRD Jateng dan untuk kepentingan rakyat Jateng, dalam surat itu Rukma sebagai Ketua DPRD Jateng minta keempat fraksi untuk segera menugaskan anggotanya untuik ditempatkan dalam alat kelengkapan dewan Jateng. Surat penugasan anggota diminta segera disampaikan kepada Ketua DPRD Jateng paling lambat hari Jumat (31/10 2014. Surat diminta ditembuskan kepada Sekretaris DPRD Jateng.

Sementara itu untuk komposisi masing-masing fraksi pada alat kelengkapan dewan, dalam surat itu juga ditulis dalam 2 lampiran tersendiri secara lengkap. Surat kepada 4 ketua fraksi itu tembusannya diberikan kepada wakil ketua DPRD Jateng dan Sekretaris DPRD Jateng. (JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here