SEMARANG, Jowonews.com – Kelurahan Bojongsalaman Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, memiliki kondisi fisik dan lingkungan yang sudah tertata dengan baik. Apalagi kawasan ini juga lokasinya sangat strategis. Tapi sayang, kawasan ini belum digarap potensinya secara maksimal.

Menurut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Kelurahan Bojongsalaman ini kondisi sudah jauh berbeda dari beberapa tahun sebelumnya. Kondisinya saat ini sudah tertata dengan baik. Apalagi Banjir Kanal Barat sudah dibangun, tentunya mempengaruhi harga  jual tanah di lokasi tersebut semakin meningkat.

Jika dilihat dari sisi potensi ekonomi, kawasan ini dinilai juga sudah sangat strategis. Banyak pendatang dari berbagai daerah lain yang datang. Sehingga seharusnya banyak tempat-tempat kuliner atau tempat-tempat usaha yang bisa mendukung keramaian kawasan ini.

Hendi, panggilan akrab wali kota, pun berharap masyarakat untuk mengelola kawasan ini dengan baik. ‘’Kembankan inovasi-inovasi demi pengembangan kelurahan ini, karena di sini mempunyai potensi yang baik,’’ katanya saat diaglog dengan warga setempat, Minggu (23/11).

Dengan ramainya pengunjung yang datang maupun banyaknya peluang usaha dari masyarakat setempat, maka kemudian yang perlu menjadi perhatian adalah meningkatkan kewaspadaan terhdap kejahatan-kejahatan dan hal-hal yang membahayakan. ‘’Mengingat beberapa kasus kejaghatan terjadi di sekitar Banjir Kanal Barat,’’ ujarnya.

Untuk masalah ini, dia meminta warga untuk meningkatkan keamanan dengan cara berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil. Dia menegaskan sadar lingkungan sangat penting agar masyarakat lebih peka terhadap lingkungan. ‘’Syukur-syukur ada Poskamling sehingga terhindar dari tindak kejahatan,’’ tegasnya.

Selain itu, saat musim hujan tiba, warga juga diharapkan menjaga kebersihan saluran, sungai, dan selokan. Sementara merespon pernyataan pimpinan daerahnya ini, warga mengusulkan agar pemerintah kota melakukan pembangunan talud karena daerahnya merupakan rawan longsor.

‘’Kami juga meminta pemerintah kota mengelola sedimentasi di Banjir Kanal Barat sehingga aliran sungai akan semakin lancar,’’ kata Mulyo Ujiono,48, salah seorang warga. Wali kota menjanjikan pembangunan talud akan segera dilakukan kajian serta dilakukan pengeruhkan sedimen. (JN-06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here