Operasi Zebra Candi mulai digelar. (Foto : Polres Purworejo)
Operasi Zebra Candi mulai digelar. (Foto : Polres Purworejo)

Semarang, Jowonews.com – Opersi Zebra Candi 2014 resmi dimulai pelaksanaannya. Polda Jateng dan seluruh kesatuan wilayah di bawahnya akan menggelar operasi penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas tersebut hingga 9 Desember mendatang.

Pelaksanaan operasi tersebut ditandai dengan apel pasukan yang dipimpin langsung Kapolda Irjen Nur Ali di halaman Mapolda Jateng di Jalan Pahlawan Semarang, Rabu (26/11). Dalam kesempatan itu, kapolda mengungkapkan tentang kompleksnya masalah lalu lintas yang dihadapi saat ini.

Masalah-masalah lalu lintas ini, antara lain disebabkan oleh pertumbuhan penduduk serta kendaraan bermotor yang cukup pesat. “Dari hasil anev operasi Zebra Candi 2013 diketahui pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas masih tinggi,” katanya.

Kondisi tersebut, menurut kapolda, tentu sangat memrihatinkan dan harus mendapat perhatian khusus. Pada operasi Zebra Candi tahun ini, kepolisian akan mengedepankan penegakan hukum yang didukung dengan upaya preventif dan preemtif untuk meningkatkan kesadaran berlalulintas masyarakat.

Dalam kegiatan ini, berbagai  pelanggaran yang menjadi sasaran di antaranya sepeda motor yang melaju melawan arus, geng motor, balap liar, truk kelebihan muatan, serta angkutan umum yang menurunkan penumpang bukan pada tempatnya. (JN05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here