Unnes Azzam Hanif Rabbani
Unnes Azzam Hanif Rabbani
Unnes Azzam Hanif Rabbani
Unnes Azzam Hanif Rabbani

SEMARANG, Jowonews.com ā€“ Mahasiswa semester satu Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi pemakalah termuda dalam Konferensi Internasional Islam pertama di Kampus Sadra International Institute Jakarta, beberapa waktu yang lalu. Selain itu, mahasiswa Akuntansi Unnes angkatan 2014 itu mendapat sebutan profesor dari salah seorang doktor yang menjadi pemakalah.

Mahasiswa Unnes tersebut adalah Azzam Hanif Robbani yang mendapatkan kesempatan berbicara di konferensi internasional bertajuk “Thoughts on Humas Sciences in Islam (IC-Thusi) 2014” pada Rabu – Kamis (19-20/11/2014) lalu.

Azzam menyajikan hasil penemuannya dengan sebutan Azzam Economic Concept (AEC) bersama peneliti – peneliti yang berasal dari 15 negara lainnya. Dia berpendapat apabila suku bunga bank = nol (0), maka akan memicu meningkatnya investasi. Menurutnya, hal itu dapat berdampak pada peningkatan sektor ekonomi riil yang berefek luas terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Rumus ini merupakan antitesis terhadap konsep ekonomi kapitalis dari Keyness yang sampai saat ini masih diajarkan di sekolah – sekolah menengah Indonesia,” kata Mahasiswa Jurusan Akuntansi itu.

Lebih lanjut, Mahasiswa asal Surakarta itu mengemukakan masalah ekonomi yang terjadi saat ini disebabkan kesalahan masyarakat dalam mengartikan uang. Seharusnya uang dipakai sebagai alat tukar atau alat pembayaran yang sah, namun justru dijadikan sebagai komoditas jual beli.

“Inilah yang telah disadari Amerika Serikat. Pasca krisis mereka mulai sadar akan kesalahan dalam memaknai uang dan kredit,” tandasnya.

Azzam mengaku dalam melakukan penelitian terinspirasi dari salah satu ayat Al Quran tentang infaq dan shadaqah. Berbekal keahlian ilmu matematika yang dimilikinya, ia akhirnya menemukan formula AEC. (JN03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here