Semarang, Jowonews.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah melakukan pemeriksaan laporan keuangan pemprov Jateng tahun anggaran 2014. Pemeriksaan laporan keuangan awal ini, dilakukan sebelum pemeriksaan akhir, yang akan dilakukan sekitar bulan Maret 2015.

Hal itu diungkapkan Kepala BPK Perwakilan Jateng Cris Kuntadi. “Mulai hari ini (Senin 1 Desember-red) sampai 30 hari kedepab, BPK melakukan pemeriksaan keuangan di pemprov Jateng,” katanya.

Menurutnya, pemeriksaan laporan keuangan akan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap yang pertama ini adalah interim audit (sebelum akhir tahun anggaran). Pemeriksaan dilakukan mulai pendapatan sampai belanja. Semua akan diperiksa tim dari BPK secara detail.

Sedangkan tahap keuda adalah final audit. Pemeriksaan ini akan dilakukan sekitar bulan Maret. “Harapan saya awal Maret sudah selesai,”jelas Cris.

Di final auit itulah, soal PAD Jateng akan diperiksa. Nanti BPK sekaligus akan melihat, apakah ada keyakinan laporan keuangannya sudah sesuai standar akuntansi atau tidak.

Sekda Jateng Sri Puryono saat dikonfirmasi membenarkan adanya pemeriksaan tim BPK pada pemprov Jateng. ” Ya mas, tim BPK melakukan pemeriksaan rutin,”ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan rutin itu, nanti akan dikeluarkan hasilnya/opini dari BPK. (JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here