Bupati memberikan bantuan kepada kelompok tani. (Foto : JN04)
Bupati memberikan bantuan kepada kelompok tani. (Foto : JN04)
Bupati memberikan bantuan kepada kelompok tani. (Foto : JN04)
Bupati memberikan bantuan kepada kelompok tani. (Foto : JN04)

Kudus, Jowonews.com—Pemerintah Daerah (Pemda) Pati menggelontorkan bantuan berupa alat pertanian kepada para kelompok tani setempat. Bupati berpesan agar para petani membuat laporan administrasi terkait penggunaan bantuan tersebut, jika kesulitan silakan langsung berkonsultasi dengan penyuluh atau mantra tani setempat.

“Sekali lagi tolong ini dirawat sebaik-baiknya, jangan sampai dijual. Bantuan ini diberikan sebagai wujud kepercayaan dan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para petani. Alat-alat ini bisa menghemat operasional dan meningkatkan hasil produksi sehingga petani kita bisa lebih sejahtera,” ujar Bupati Pati berharap.

Rincian bantuan peralatan yang diberikan, berupa 47 unit pompa air, 11 unit pemotong padi, 3 unit perontok padi dan pemipil  jagung mobil, 8 unit power threser, 13 unit pedal threser motor sebagai perontok padi, 50 lembar terpal, 6 unit pemipil jagung dengan klobot. Kemudian 2 unit pemipil jagung tanpa klobot, 4 unit power threser multiguna, dan satu unit power threser multiguna dorong.

“Bantuan tersebut sumber dananya dari APBN 2014, sedangkan bantuan lainnya berumber dari APBD Pati 2014,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Pati Silvinus Sibabhoka di Pati.

Peralatannya, kata dia, meliputi 10 unit pompa air, 5 unit traktor roda dua, satu unit trans planter dan enam unit power threser. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Bupati Pati Haryanto di Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Pati.

Alat modern tersebut, lanjutnya, dapat menjadi alternatif atas langkanya tenaga manusia.Padahal, lanjut Silvinus, tenaga kerja manusia ini kurang produktif dan efesien karena semakin menurunnya minat generasi muda dalam hal pekerjaan pada sektor pertanian. (JN04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here