Ilustrasi Beasiswa, foto: http://if.its.ac.id/

Ilustrasi Beasiswa, foto: http://if.its.ac.id/
Ilustrasi Beasiswa, foto: http://if.its.ac.id/

Kudus, Jowonews.com – 5.677 siswa kurang mampu dari tingkat SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Kudus patut berbahagia lantaran pemerintah daerah setempat telah mentransfer dana bantuan untuk mereka lewat sekolahnya masing-masing.
“Tahun ini tidak diserahkan secara tunai kepada orang tua, melainkan ditransfer lewat sekolahnya masing-masing,” kata Bupati Kudus Musthofa, ditemui usai penyerahan beasiswa secara simbolis di Gedung Jam’iyyatul Hujjaj Kudus (JHK) Kudus, Kamis.
Meskipun saat ini sudah banyak siswa yang menerima bantuan tersebut, katanya, jika memang ada yang dari keluarga tidak mampu tetap akan dicatat untuk diberi bantuan.
“Silakan mendaftar biar nantinya diusulkan kembali untuk mendapatkan bantuan serupa,” ujarnya.
Ia berharap, bantuan tersebut bisa mendorong siswa dari keluarga tidak mampu tetap bisa bersekolah hingga minimal SMA.
“Jangan lagi ada siswa putus sekolah gara-gara tidak punya duit karena kami sudah menganggarkan dana hingga miliaran rupiah,” ujarnya.
Apalagi, lanjut dia, sejak awal berkomitmen menyelenggarakan pendidikan terjangkau dan berkualitas melalui wajib belajar 12 tahun.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kudus Joko Susilo mengungkapkan, besarnya beasiswa yang diterima siswa SD sebesar Rp360 ribu per orang, siswa SMP/SMP LB/MTs sebesar Rp600 ribu/orang, dan siswa SMA/MA/SMK sebesar Rp1,08 juta per orang.
Adapun jumlah rinciannya, siswa SD/MI sebanyak 594 orang, SMP/MTs 1.147 siswa, dan SMA/SMK/MA 3.936 siswa.
Anggaran dana yang disiapkan Pemkab Kudus untuk memberikan beasiswa kepada ribuan pelajar, kata dia, mencapai Rp5,15 miliar dari APBD 2014.(JN04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here