Pohon Angsana di Ruas Jalan di Kendal

Pohon Angsana di Ruas Jalan di Kendal
Pohon Angsana di Ruas Jalan di Kendal

Kendal, Jowonews.com – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptaru) Kendal mulai melakukan pemangkasan dahan pohon pelindung jalan menghadapi musim hujan. Pemangkasan pohon jenis angsana ini dilakukan di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Pemuda, Jalan Notomudigdo, Jalan Laut, dan Jalan Tentara Pelajar.
“Pohon tersebut kita potong dahannya karena bisa roboh saat diterjang angin kencang,” ujar Kepala Dinas Ciptaru M Noor Fauzi tadi siang.
Fauzi mengaku sebagian besar pohon angsana yang ditanam di pinggir jalan protokol usianya sudah cukup tua. Sehingga saat diterjang angin kencang rawan roboh. Ke depan pihaknya akan mengganti pohon angsana berusia tua dengan pohon jenis lain seperti mahoni dan geladak pecut. Kedua tanaman ini dinilai lebih kuat dibandingkan jenis angsana.
Lebih lanjut Fauzi menjelaskan sebagian besar pohon angsana pelindung jalan sudah berusia diatas 20 tahun perlu peremajaan. Pihaknya mempersilakan warga yang melihat pohon pelindung jalan rawan roboh lapor ke Ciptaru.
Sementara itu Ketua FPKB DPRD Kendal M Zaenudin minta Ciptaru segera mengganti pohon yang sudah berusia tua dengan pohon baru. Diakui keberadaan pohon pelingdung jalan sangat berguna bagi pelestarian alam.
“Kami juga minta jalan yang masih gundul harus segera ditanami,” ujar Zaenudi . (JN09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here