Gunung Gamalama Ternate, Maluku Utara foto: www.republika.co.id

Gunung Gamalama Ternate, Maluku Utara foto: www.republika.co.id
Gunung Gamalama Ternate, Maluku Utara foto: www.republika.co.id

Semarang, Jowonews.com – Erupsi Gunung Gamalama di Ternate, Provinsi Maluku Utara pada Kamis (17/12) pukul 22.41 WIT telah menimbulkan 9 orang luka-luka dan 1 orang masih dicari tim gabungan dari Tim Reaksi Cepat BPBD Provinsi Maluku Utara, BPBD Kota Ternate, TNI, Polri, Basarnas dan masyarakat.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNP, korban adalah rombongan pecinta alam yang sedang mendaki Gunung Gamalama sejak Rabu (17/12).

Korban luka bukan karena akibat langsung dari erupsi gunung. Tetapi luka-luka karena jatuh saat berlari menyelamatkan diri saat terjadi erupsi sekitar pukul 23.00 Wib.

Korban luka-luka berat adalah:
1. Mahatir Indra Amri (17 thn – Kel Salero).
2. Ryan Saputra (19 thn – Kel Tafure).
3. Fajri Usman (17 thn – Kel. Tafure)
4. Agung (Kel Koloncucu )
Semuanya dirawat di RSUD Kota Ternate.

Korban luka ringan:
1. Annggi Juandi Tanjung (17 thn – Kel Salero)
2. Zainudin Bayau (14 thn – Kel. Salero)
3. Hairul Miat (16 thn – Kel. Salero)
4. Asril Efendi (16 thn – Kel Salero)
5. Randi (Kel Tongole)

Semua korban sudah kembali ke rumah masing-masing.

Berdasarkan laporan dari PVMBG Badan Geologi, Gunung Gamalama pada Kamis pukul 22.41 WIT telah meletus. Tinggi asap 2.000 m condong ke timur.

Sebelumnya telah terjadi peningkatan kegempaan sejak pukul 17.30 WIT, yang kemudian meningkat tajam pukul 22.09 WIT. Peningkatan kegempaan ini telah dilaporkan ke BPBD. Status Waspada dinaikkan ke Siaga.

Kondisi saat ini, Gunung Gamalama masih mengeluarkan asap putih-abu-abu dan abu vulkanik. Kota Ternate hujan abu tipis. Bandara Sultan Babullah di Kota Ternate ditutup sementara.

BPBD Kota Ternate telah membagikan masker kepada masyarakat. Kondisi normal, aktivitas berjalan seperti biasanya. Tidak ada pengungsian.(JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here